Bupati Ketapang Minta SBSI Laporkan Perusahaan ‘Nakal’

Ketapang

Editor Kiwi Dibaca : 583

Bupati Ketapang Minta SBSI Laporkan Perusahaan ‘Nakal’
ilustrasi
KETAPANG, SP - Dewan Pimpnan Cabang (DPC) Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) dan Pengurus Komisariat SBSI tingkat perusahaan Kabupaten Ketapang, resmi dilantik oleh Ketua DPD SBSI Provinsi Kalimantan Barat Jasmin Sibarani.

Agenda pelantikan berlangsung di Pendopo Bupati Ketapang, Minggu (3/9). Bupati Ketapang Martin Rantan yang hadir dalam pelantikan menyambut baik acara tersebut. Bupati mengaku pihaknya tentu mendukung tadanya SBSI Ketapang, ia pun berpesan agar SBSI dapat menjalin dan menjaga komunikasi dengan pimpinan perusahaan tempat anggota yang merupakan buruh bekerja. Terlebih, dibentuknya organisasi serikat buruh ini untuk kesejahteraan, pemberdayaan, melindungi dan mengadvokasi para buruh dan memang ada diatur dengan Undang-undang tentang Perburuhan.

bupati menekankan, SBSI dalam menyelsaikan masalah pekerja sebaiknya mengedepankan musyawarah dan mufakat terlebih dahulu. Ketika ditemui jalan buntu baru memohon mediasi dari pemerintah, hal itu karena demi menjaga situasi dan kemanan yang sudah kondusif di Ketapang. "Kalau terjadi demonstrasi, unjuk rasa besar-besaran lalu para investor takut dan keluar mereka dari Ketapang, dan bukan saja kehilangan hak buruh juga kehilangan pekerjaan," kata Martin.

Bupati juga menyarankan untuk melakukan lobi-lobi yang baik dalam kaidah dan ketentuan yang ada kepada perusahan-perusahaan. Jangan menampilkan hal-hal yang menakutkan. "Kalau pengurus sudah melakukan lobi dengan ketentuan-ketentuan yang ada, tetapi perusahaan masih tidak mau bekerja sama laporkan kepada bupati, akan saya panggil dan mengambil langkah-langkah selanjutnya," tegasnya. Dalam visi dan misinya Ketapang maju menuju masyarakat sejahtera, misi yang pertama melaksanakan kepemerintahan yang baik termasuk di dalamnya menegakan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang ketenagakerjaan "Hal ini harus berjalan seimbang apa yang menjadi hak masyarakat, hak para buruh apa yang menjadi hak perusahaan dan sebagainya, pemerintah dalam hal ini sebagai pembina tidak berat sebelah," ujarnya.

Membela kepentingan rakyat pun kalau sudah melewati koridor hukum, pemerintah bisa disalahkan, begitu juga membela kepentingan perusahaan dengan mengabaikan hak-hak masyarakat pemerintah bisa digugat. 
"Pemerintah tugasnya sebagai pembina semua organisasi termasuk SBSI di Ketapang ini," jelasnya. Dia mengingatkan jangan setelah dilantik menjadi ueforia karena sudah berserikat segala sesuatunya boleh dilakukan secara beramai-ramai menjadi kompak. "Saya ingatkan apapun yang diperjuangkan jangan menyimpang dari koridor hukum, karena biasanya kalau menyimpang akan dilakukan kriminalisasi, saya menyayangkan banyak masyarakat yang tidak berdaya karena terkena kriminalisasi tersebut karena tidak mengerti hukum," tuturnya. Untuk itu bupati mengimbau kepada pengurus agar suatu saat mengumpulkan para buruh untuk diberikan penyuluhan hukum khusus di bidang ketenagakerjaan, sehingga mereka bekerja punya rambu-rambu dan berjuang yang mereka pedomani.

Sementara itu, Ketua DPD SBSI Provisnsi Kalimantan Barat Jasmin Sibarani dalam sambutannya mengatakan pelantikan pengurus untuk meningkatkan solidaritas terjalian silaturahmi sesama buruh perkerja  dan terjadinya hubungan yang baik dengan pemerintah, menjalin hubungan yang baik dengan pengusaha atau perusahaan.
"Jadikan SBSI ini sebagai sarana saling berinteraksi membahas berbagai permasalahan buruh, sekaligus merumuskan cara cara penyelesaian permasalahan pekerja dan hal yang berkaitan dengan peningkatan buruh pekerja juga peningatan konsolidasi dan penguatan organisasi buruh di setiap tingkatan," paparnya. Ketua DPC SBSI Ketapang yang baru dilantik Lumintus Dewa mengatakan setelah melalui perjualangan panjang yang telah dilewati, sekarang ini sampailah saatnya acara pelantikan pengurus komisaris di tingkat perusahaan yang telah terpilih yang lengkap dengan program programnya yang baru masih segar diharapkan membawa perubahan yang baik baik bagi organisasi SBSI ini Kepada para pengurus ia mengatakan sudah menjadi tangung jawab pengurus untuk memastikan setiap anggota SBSI bekerja dengan baik dan juga memastikan hak hak dari anggota kita sesama buruh wajib didapatkan.

"Saya yakin dan percaya saudara saudara pengurus orang yang terpilih adalah orang yang beranggung jawab, memiliki jiwa tekat dan kuat atas cita cita luhur kita bersama,” ucapnya. “Pastikan seluruh anggota kita bekerja dengan baik diperusahaan perusahaan, dan pastikan mereka mendapatkan hak haknya dari perusahaan dengan layak dan pantas," timpalnya. Menurutnya SBSI adalah wadah dari organiasi konsultasi advokasi mitra perusahaan dan pemerintah yang menjamin agar seluruh komponen tersebut saling membutuhkan bukan saling merugikan. Dia mengimbau kepada seluruh anggota bekerja dengan baik yakinlah kalau kita bekerja dengan baik buat perusahaan pastilah perusahaan pun akan memberikan yang terbaik buat kita. "Jangan takut jangan gentar SBSI adalah garda terdepan dalam memperjuangkan hak-hak buruh di Kabupaten Ketapang," tegasnya. (teo/pk)