KFC Tuding Fungsi Drainase Tak Optimal

Ketapang

Editor Kiwi Dibaca : 605

KFC Tuding Fungsi Drainase Tak Optimal
DISEDOT - Petugas kebersihan sedang menyedot limbah yang mengendap di drainase depan KFC Ketapang, Jalan DI Panjaitan, Senin (4/9).
KETAPANG, SP - Manajemen KFC Ketapang menuding, tak optimalnya saluran drainase milik Pemerintah Daerah (Pemda) menjadi penyebab mengendapnya limbah buangan KFC yang kemudian menimbulkan bau yang tak sedap di sekitar Jalan DI Panjaitan.

Bahkan, akibat bau tersebut tak hanya masyarakat yang mengeluh, Bupati Ketapang, Martin Rantan pun telah melayangkan surat kepada KFC Ketapang untuk melakukan beberapa langkah dalam mengatasi persoalan bau itu.

Pasca dilayangkan surat yang didasarkan dari hasil uji lab limbah KFC oleh Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (PRKPLH) Ketapang. Pemerintah memastikan bau busuk di depan KFC bersumber dari limbah restoran cepat saji tersebut.

Saat dikonfirmasi, Asisten Rest Manager KFC Ketapang, Dewi Puspa mengaku pihaknya komitmen untuk mengatasi persoalan bau yang timbul di sekitar outletnya. Menurut dia, bau tersebut akibat limbah yang mengendap selama bertahun-tahun, akibat dari tidak berfungsinya drainase di sekitar Jalan DI Panjaitan.

"Untuk limbah yang mengalir di depan KFC, itu merupakan limbah yang sudah diolah dan disaring di instalasi yang ada di KFC, sehingga hanya berupa cairan yang keluar, akan tetapi limbah itu menjadi bau akibat mengendap lama karena drainase yang tidak berfungsi," terangnya, Senin (4/9).

Terlebih, kejadian seperti ini hanya terjadi di KFC Ketapang saja, sedangkan di KFC lainnya termasuk di Pontianak tepatnya di Jalan Gajah Mada sama sekali tidak menimbulkan bau, padahal  pengolahan limbah yang dilakukan sama dengan yang ada di KFC Ketapang.

"Tapi karena drainasenya tersumbat, jadi cairan limbah yang sudah kita olah mengendap dan lama-lama timbulah bau yang menyengat. Jangankan air limbah, air yang bersih saja kalau lama-lama mengendap juga bau," tuturnya.

Untuk menanggulangi persoalan ini, pihaknya telah melakukan berbagai upaya di antaranya, dengan menyedot limbah di saluran drainase KFC Ketapang.

"Nanti kita akan lakukan penyedotan secara periodik," katanya. (teo/bob)