Ratusan Warga Ketapang Datangi Kantor Kejaksaan, Ini Tujuan Mereka

Ketapang

Editor K Balasa Dibaca : 456

Ratusan Warga Ketapang Datangi Kantor Kejaksaan, Ini Tujuan Mereka
TILANG - Warga Ketapang membayar denda tilang di Kantor Kejaksaan Negeri, Jumat (24/11). (SP/Teo)
KETAPANG, SP - Ratusan warga memadati halaman Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Ketapang, Jumat (24/11). Kedatangan mereka bukan mau menuntut sesuatu, atau berdemo. Melainkan untuk membayar denda tilang kendaraan yang telah diputus oleh Pengadilan Negeri Ketapang.

Kasi Pidana Umum Kejaksaan Negeri Ketapang, Rudi Astanto menilai tingkat kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas masih rendah. Ini terbukti dengan banyaknya jumlah pengendara yang ditilang oleh pihak polisi.

"Jumlah tilang cukup banyak menandakan masih rendahnya kesadaran berlalu lintas masyarakat," katanya.

Dia menerangkan, pembayaran denda tilang dilakukan dengan jumlah pengendara yang ditilang oleh polisi sebanyak 959 pengendara. 801 pengendara ditilang oleh Polres Ketapang dan 158 pengendara ditilang di Kayong utara.

Jika sebelumnya denda tilang dapat dibayar di pengadilan, saat ini pembayaran baru dilakukan di Kejari berdasarkan Peraturan Mahkamah Agung dan berlaku sejak 24 Mei 2017.

"Nomimal denda yang dibayar sesuai dengan pelanggaran dan pasal yang diputuskan dalam sidang, yang jelas rata-rata Rp200 ribu," tuturnya.

Selain di Kejaksaan, pembayaran bisa dilakukan di bank meskipun belum disidangkan, dengan pembayaran sesuai dengan pelanggaran dan pasal yang dikenakan.

Masyarakat diharapkan dapat terus meningkatkan kesadaran berkendara di jalan raya. Serta melengkapi kendaraan dan surat menyurat untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. (teo)