Sabtu, 21 September 2019


Proyek Jalan Nasional, Jalan DI Panjaitan Ketapang Bakal Dilebarkan 8 Meter

Editor:

K Balasa

    |     Pembaca: 978
Proyek Jalan Nasional, Jalan DI Panjaitan Ketapang Bakal Dilebarkan 8 Meter

Plang proyek jalan nasional di Jalan DI Panjaitan Ketapang. (SP/Teo)

KETAPANG, SP - Setelah melakukan pembangunan pelebaran dan pengaspalan jalan nasional di Ketapang-Siduk sepanjang tujuh kilometer pada tahun 2017. 

Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat kembali melakukan pelebaran dan pengaspalan jalan nasional Ketapang-Siduk sepanjang 9 kilometer.
Satu di antara yang menjadi prioritas  Jalan DI Panjaitan.

Proyek ini menggunakan APBN Tahun 2018 dengan total pagu Rp42.499.316.400 dengan waktu pelaksanaan selama 365 hari kalender yang dikerjakan oleh kontraktor PT Cipta Sentosa.

Koordinator Lapangan pelaksanaan pembangunan Jalan Nasional dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Munaji mengatakan 9 kilometer pelebaran dan pengaspalan jalan terbagi di beberapa titik prioritas sesuai dengan tingkat kerusakan jalan seperti di Jalan DI Panjaitan sepanjang 1,4 kilometer dan sisanya terbagi di Sungai Putri, Tanjung Baik Budi dan lainnya.

"Yang prioritas di jalan DI Panjaitan karena tingkat kerusakan dan berada di tengah kota. Nanti dari simpang Agoesdjam sampai simpang Polres Ketapang full dilakukan pelebaran dan pengaspalan," ungkapnya, Kamis (1/3).

Ia menjelaskan, saat ini jalan tersebut memiliki lebar sekitar enam meter lebih akan dilebarkan menjadi delapan meter dan akan dilakukan peninggian dari sebelumnya menggunakan LPA setebal 30 centimeter sebelum dihotmix.

"Setelah peninggian baru pengaspalan dengan tebal 7 centi," terangnya.

Terkait persoalan drainase yang selama ini dikeluhkan oleh masyarakat, itu merupakan tanggung jawab Pemkab lantaran pihaknya fokus pada pembangunan badan jalan, namun pihaknya paling tidak akan melakukan pembersihan drainase saja. (teo)