Sabtu, 07 Desember 2019


Waspada! Ketapang Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrem

Editor:

K Balasa

    |     Pembaca: 602
Waspada! Ketapang Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrem

Logo BMKG

KETAPANG, SP - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas III Rahadi Oesman Ketapang, meminta masyarakat Ketapang untuk waspada terhadap cuaca ekstrem yakni angin dan hujan deras disertai petir yang berpotensi terjadi beberapa hari ke depan di wilayah Ketapang.

Hal tersebut disampaikan, Forecaster BMKG Stasiun Meteorologi Kelas III Rahadi Oesman Ketapang, Wenny. Ia menjelaskan potensi terjadinya hujan yang disertai petir terutama pada sore dan malam hari. Yang mana kondisi ini didukung adanya proses konveksi atau pemanasan pada pagi dan siang hari.

"Kita berharap masyarakat selalu waspada ketika beraktivitas di luar rumah," ungkapnya, Jumat (9/3).

Ia melanjutkan, cuaca ekstrem dapat menyebabkan hal-hal tidak diinginkan dan membahayakan keselamatan masyarakat. Untuk itu kewaspadaan harus dikedepankan termasuk pada para nelayan yang hendak melaut.

Sementara itu, Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ketapang, Sumiransyah mengajak masyarakat turut berperan mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan mengenai potensi cuaca ekstrem ini.

"Masyarakat selain kita minta waspada, namun pro aktif mengantisipai hal tidak diingkan. Misalnya dengan menebang pohon milik masyarakat yang rawan tumbang atau patah ketika diterjang cuaca ekstrim," harapnya.

Ia menambahkan, sedangkan kepada masyarakat yang berkendara untuk tidak berteduh di bawah pohon besar ketika hujan dan angin kencang lantaran rawan terjadi pohon tumbang yang bisa menimpa pengendara.

"Makanya kita harus waspada terhadap potensi-potensi ini. Meskipun kita tetap berharap hal-hal ini tidak terjadi lagi di Ketapang," katanya. (teo)