Tanam 90 Pohon Langka di Hari Bhakti Rimbawan

Ketapang

Editor K Balasa Dibaca : 412

Tanam 90 Pohon Langka di Hari Bhakti Rimbawan
Bupati Ketapang, Martin Rantan menanam pohon di Hari Bhakti Rimbawan. (ist)
KETAPANG, SP - Pengurus Ikatan Alumni Kehutanan Universitas Tanjungpura Ketapang, menanam berbagai jenis pohon langka, pada puncak peringatan hari Bhakti Rimbawan ke-35 tahun ini.

Penanaman dilakukan Bupati Ketapang, Martin Rantan, dengan menanam bibit kayu belian di sekitar halaman Kantor Bupati Ketapang, Sabtu (17/3).

Ketua Pegurus Ikatan alumni Kehutanan Universitas Tanjungpura, Sikat Gudag mengatakan penanaman dilaksanakan di dua lokasi, yaitu kompleks Rumah Adat Dayak di Jalan Lingkar Kota dan Kompleks Masjid Agung AL Ikhlas.

"Ada 90 jenis tanaman seperti kayu ulin atau belian, nyatoh merantik kuning, meranti putih bayut dan matoa dan lainnya," kata Sikat Gudag.

Selanjutnya, Sikat Gudag secara simbolis memberikan bibit tanam tersebut kepada para kepala dinas dan OPD serta peserta yang hadir, untuk kemudian ditanam hingga tumbuh.

Hari Bhakti Rimbawan, dicetuskan Presiden RI ke-2 Soeharto pada 16 Maret 1983. Dalam pidato pembentukan kabinet Pembangunan IV, menyampaikan tentang perlunya pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam kehutanan bagi kesejahteraan masyarakat dan bangsa melalui pembentukan Departemen Kehutanan.


"Momen inilah yang menjadi cikal bakal dan awal penetapan hari Bhakti Rimbawan untuk yang pertama kali," kata Martin. (teo/pk)