Himpaudi Ajak Ciptakan Generasi Emas, Sukseskan Pendidikan Anak Usia Dini

Ketapang

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 377

Himpaudi Ajak Ciptakan Generasi Emas, Sukseskan Pendidikan Anak Usia Dini
SUASANA - Suasana karnaval dan foto bersama pengurus Himpaudi dan Muspika Kecamatan Benua Kayong, Kegiatan juga digelar dalam rangka memperingati hari Kartini, berlangsung di Halaman Kantor Camat Benua Kayong, kemarin. (SP/Theo)
Ketua Panitia Kegiatan, Syf Herlina
"Tujuan kegiatan kita mengajar seluruh jajaran mulai tingkat desa, lurah dan kecamatan berperan aktif mensukseskan pendidikan anak usia dini, sesuai dengan perannya masing-masing. Ini untuk generasi emas Kecamatan Benua Kayong khususnya dan umumnya Kabupaten Ketapang

KETAPANG, SP - Bonus demografi merupakan berkah dari mayoritas jumlah penduduk usia produktif di tahun 2045, diharapakan melahirkan apa yang dicita-citakan sebagai generasi emas, yakni generasi istimewa yang momentumnya terjadi saat Indonesia merayakan 100 tahun kemerdekaan.

Untuk merealisasikan itu, tentu banyak hal yang harus dilakukan, karena waktu menuju datangnya 2045 menjadi peluang untuk menabur benih-benih keuletan, kebijakan dan kematangan watak atau karakter melalui upaya investasi besar-besaran dalam bidang pengembangan Sumber Daya manusia (SDM).

Dari itulah, Himpaudi Kecamatan Benua Kayong menggelar gebyar Paud dengan tema tingkatkan generasi berakhlak, cerdas dan berkarakter sejak usia dini, tentu kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu mencapai 2045 generasi emas.

Kegiatan ini melibatkan berbagai pihak, di antaranya bunda kelurahan dan desa. Kegiatan juga digelar dalam rangka memperingati hari Kartini, berlangsung di Halaman Kantor Camat Benua Kayong, kemarin.

Acara tersebut dihadiri Kasi Paud Dinas Pendidikan Ketapang, Utin Jiadatannur, Ketua Himpaudi Kabupaten Ketapang,  seluruh Lurah dan Kepala Desa serta bunda desa sekecamatan Benua Kayong.

Ketua Himpaudi Kecamatan Benua Kayong, Farikha mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak mendukung pelaksanaan kegiatan tersebut, seperti pihak kecamatan yang turut memfasilitasi acara.

"Acara puncaknya pengukuhan bunda Paud kecamatan dan bunda Paud kelurahan serta bunda desa oleh Camat Benua Kayong. Alhamdulillah semua berjalan lancar," katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan, Syf Herlina mengatakan, selain pengukuhan bunda Paud tingkat kecamatan, kelurahan dan desa, kegiatan di ikuti anak-anak usia dini se-Benua Kayong dengan dimulai pada kegiatan karnaval anak Paud.

"Tujuan kegiatan kita mengajar seluruh jajaran mulai tingkat desa, lurah dan kecamatan berperan aktif mensukseskan pendidikan anak usia dini, sesuai dengan perannya masing-masing. Ini untuk generasi emas Kecamatan Benua Kayong khususnya dan umumnya Kabupaten Ketapang," jelasnya.

Investasi pembanguan bukan hasil yang bisa dirasakan sekejap, namun butuh proses dan lebih pada keuntungan jangka panjang dengan hasil optimal.

Pemerintah juga mempunyai tanggung jawab menjaga tumbuh kembang sejak dalam kandungan mulai usai 0 tahun sampai 18 tahun. (ant/teo/pul)

Ibu Kunci Utama Kesehatan

MENTERI Kesehatan RI, Prof Dr dr Nila F Moeloek, setuju bahwa perempuan harus punya bekal sehat seperti sosok RA Kartini. Dia mengajak kaum hawa untuk menjadi sosok Kartini di bidang kesehatan. 

"Saya mengajak seluruh perempuan di Indonesia untuk menjadi Kartini kesehatan yang menjaga kesehatan diri sendiri, keluarga dan masyarakat," ujarnya dalam akun Instagram resminya.

Menkes menambahkan, seorang ibu adalah kunci utama kesehatan di dalam keluarga. Ibu harus menjadi pondasi dalam membangun keluarga sehat. 

Peran utama ibu yakni harus merawat dan mendidik anak-anak agar selalu sehat, bahagia dan ceria. Begitu juga, perempuan harus menjadi istri yang setia mendampingi suami dalam berbagai situasi. 

"Anak-anak sehat berawal dari seorang ibu yang sehat. Inilah peran penting perempuan Indonesia untuk menyehatkan generasi emas dan bangsa," tambahnya. 

Tak bosan-bosannya, Menkes Nila mengajak perempuan dan masyarakat luas untuk menjaga kesehatan dengan menerapkan hidup cerdik. Cerdik yakni membuat seseorang harus rajin cek kesehatan, enyahkan asap rokok dan perlahan-lahan berhentilah, lalu perempuan juga harus rajin aktivitas fisik. (okz/pul)