Senin, 23 September 2019


Ketapang Percontohan Penerapan Replikasi Inovasi Daerah

Editor:

kurniawan bernhard

    |     Pembaca: 221
Ketapang Percontohan Penerapan Replikasi Inovasi Daerah

TANDA TANGAN – Bupati Ketapang, Martin Rantan saat menandatangani komitmen sebagai daerah percontohan penerapan replikasi inovasi daerah melalu pusat jejaring inovasi daerah (Puja Daerah), Jumat (13/7). (Ist)

KETAPANG, SP – Bupati Ketapang, Martin Rantan melakukan penanda tanganan komitmen sebagai daerah percontohan penerapan replikasi inovasi daerah melalui pusat jejaring inovasi daerah (Puja Indah) dengan Badan Penelilitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri.

Penandatangan komitmen itu, dihadiri Wakil Bupati Suprapto, kepala SKPD, dilanjutkan dengan pelatihan operator replikasi inovasi daerah oleh Tim Banlitbang Kementerian dalam Negeri, di Pendopo Bupati Ketapang, Jumat (13/7).

Martin dalam sambutannya mengatakan, perkembangan IPTEK di segala bidang dan masyarakat yang kian kritis, menuntut pemerintah menata ulang cara kerja dan layanan kepada masyarakat. Agar lebih mudah, cepat, murah dan lebih baik.

Menurutnya, jajaran Pemerintah Pusat maupun daerah telah membuat terobosan pembaharuan dan inovasi. Guna menjaga kepercayaan masyarakat, dalam rangka meningkatkan kerja Pemda.

Kemendagri sejak tahun 2018, menunjuk 42 kabupaten/kota dan lima provinsi di Indonesia menjadi daerah percontohan penerapan replikasi dan inovasi daerah melalui Puja Indah.

Sedangkan maksud replikasi dan inovasi daerah ini, merupakan replikasi empat daerah yang telah menjadi best practice yang berskala nasional. Dapat digunakan oleh pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota dengan menggunakan sistem informasi berupa aplikasi siap pakai. 

"Aplikasi ini memudahkan Kepala daerah memantau kinerja penyelenggara pemerintahan daerah sekaligus memastikan proses pemerintahan berjalan efektif," terangnya.

Pusat jejaring inovasi daerah ini akan menjadi poros inovasi pemerintahan, kabinet kerja Republik Indonesia berbasis kepentingan seluruh Indonesia.

"Pada hari ini saya telah menandatangani pernyataan komitmen sebagai kepala daerah percontohan, pengelola replikasi inovasi daerah dengan Sekjen Kemendagri. Dan hari ini juga dilaksanakn pelatihan penggunaan aplikasi bagi beberapa perangkat daerah khusunya para operator," tuturnya.

Martin berharap kepada perangkat daerah, agar terus menerus menciptakan inovasi di bidang tugasnya masing-masing. Ini dilakukan untuk kemajuan Kabupaten Ketapang sehingga memiliki daya saing nasional. (pk/teo/and)