Plafon RSUD Agoesdjam Ambruk, Legislator Minta Inspektorat Lakukan Pemeriksaan

Ketapang

Editor Indra W Dibaca : 395

Plafon RSUD Agoesdjam Ambruk, Legislator Minta Inspektorat Lakukan Pemeriksaan
Bagian plafon di lantai dasar gedung baru RSUD Agoesdjam Ketapang yang ambruk. (SP/Teo)
KETAPANG, SP - Runtuhnya plafon di lantai dasar gedung baru Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Agoesdjam Ketapang menimbulkan sejumlah prasangka. Diduga ambruknya plafon akibat pekerjaannya yang asal-asalan.

Anggota DPRD Ketapang, Abdul Sani meminta pihak terkait untuk melakukan pemeriksaan pembangunan gedung baru di RSUD Agoesdjam tersebut.

Menurutnya, pemeriksaan dilakukan untuk memastikan apakah gedung sudah sesuai spesifikasi agar ke kepan ketika telah difungsikan untuk umum tidak lagi terjadi insiden semacam ini.

"Ini beruntung pas roboh itu tidak ada aktivitas, kalau ada bisa terjadi hal-hal tidak diinginkan," katanya.

Abdul Sani menilai, penyebab ambruknya plafon  bukan karena human error karena tentunya hal-hal seperti ini sudah diperhitungkan oleh pelaksana, terlebih pembangunan tersebut menggunakan anggaran cukup besar.

"Itukan proyek lelang tentu ada konsultan bangunannya yang sudah mengukur kekuatan bangunan dan mengawasi hal tersebut sebelum serah terima," nilainya.

"Makanya kita minta inspektorat atau pihak terkait lain untuk mengawasi dan membuktikan apakah itu benar karena human error atau karena bangunannya, sebab yang kita khawatirkan ke depan ketika sudah aktif difungsikan untuk umum dan terjadi hal serupa siapa yang akan bertanggung jawab," tukasnya. (teo)