Isu Tsunami Datang, Warga Sungai Tengar Ketapang Mengungsi

Ketapang

Editor Admin Dibaca : 1116

Isu Tsunami Datang, Warga Sungai Tengar Ketapang Mengungsi
MENGUNGSI - Sejumlah warga Sungai Tengar mengungsi ke wilayah yang lebih tinggi menggunakan truk.
KETAPANG, SP - Ratusan warga Dusun Sungai Tengar, Desa Mekar Utama Kecamatan Kendawangan terpaksa meninggalkan rumah dan mengungsi ke wilayah yang lebih tinggi, yakni di Dusun Sukaria. 

Warga khawatir, dusunnya disapu gelombang tinggi atau pasang di perairan Kendawangan. Ini dikuatkan dengan adanya informasi hoaks mengenai potensi tsunami di wilayah tersebut, Selasa (1/12) dinihari.

Foto maupun video warga yang meninggalkan rumah dan menaiki kendaraan, mulai dari roda dua hingga truk besar beredar di media sosial. 

Dari video yang tersebar, terdengar suara warga yang merekam kondisi jalanan di Dusun Sungai Tengar sekitar pukul 03.20 WIB,  ia mengatakan kalau kondisi air laut mulai pasang, ditambah angin kencang, sehingga masyarakat waspada dan mencari tempat pengungsian yang aman.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dusun Sungai Tengar, Aguslan membenarkan adanya warga yang mengungsi, akibat air pasang laut terjadi ditambah informasi hoaks mengenai adanya potensi tsunami yang membuat warga panik.

"Tidak tahu juga info darimana, soal akan ada tsunami yang membuat warga panik dan mengungsi ke Dusun Sukaria dan beberapa tempat lainnya," katanya, Selasa (1/1). (teo)