Soal Isu Tsunami di Kendawangan, BMKG Ketapang Tegaskan Itu Hoaks

Ketapang

Editor Admin Dibaca : 761

Soal Isu Tsunami di Kendawangan, BMKG Ketapang Tegaskan Itu Hoaks
HOAKS - Warga Sungai Tengar menjadi korban hoaks tsunami, mengungsi ke sejumlah wilayah.
KETAPANG, SP - Kepala Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas III Rahadi Oesman Ketapang, Aqil Ihsan mengaku melihat informasi yang beredar di media sosial mengenai kepanikan warga Sungai Tengar soal tsunami. 

Namun, ia menegaskan agar masyarakat tidak panik dan mudah termakan isu yang tidak benar mengenai adanya potensi tsunami di wilayah Kendawangan.

"Untuk gelombang tinggi dan angin kencang itu memang berpotensi ada, dan sudah kita beri imbauan sebelumnya. Untuk isu tsunami, itu dipastikan hoaks," tegasnya.

Ia melanjutkan, masih banyak masyarakat yang salah pemahaman mengenai gelombang tinggi akibat adanya tsunami. Padahal gelombang tinggi merupakan fenomena alam berbeda, dan memang beberapa hari lalu untuk wilayah pesisir kalbar terdapat gelombang maksimum mencapai 2,5 meter dan berpotensi terjadinya pasang maksimum pada tanggal 24-27 Desember lalu.

"Kalaupun ada pasang sampai ke rumah warga, itu merupakan efek dari banjir rob, karena gelombang tinggi. Itupun biasanya terdampak pada wilayah pesisir pantai dan berdekatan dengan sungai saat pasang maksimum terjadi," terangnya.

Untuk itu, ia meminta kepada masyarakat untuk tidak mudah panik dan terpengaruh dengan isu hoak soal tsunami. (teo/bob)