Warga Ketapang Kesal Listrik Padam Berjam-jam, Ini Kata PLN

Ketapang

Editor Mul Dibaca : 432

Warga Ketapang Kesal Listrik Padam Berjam-jam, Ini Kata PLN
Ilustrasi Listrik Padam
KETAPANG, SP - Seolah tak ada habisnya, pemadaman listrik masih terus terjadi di wilayah Ketapang. Padahal, sebelumnya pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) Area Ketapang telah menyampaikan ke beberapa media massa mengenai persiapan mereka dalam menjaga kondisi listrik, agar tidak ada pemadaman. 

Namun nyatanya pemadaman masih terjadi, bahkan hingga beberapa jam lamanya di Kota Ketapang dan sekitarnya pada Selasa (1/1) malam.

Saat dikonfirmasi, Rukma (35) satu di antara warga Jalan A Yani, Kelurahan Kantor, Kecamatan Delta Pawan mengaku kesal dan kecewa dengan pemadaman yang dilakukan PLN Area Ketapang.

"Tapi nyatanya listrik masih padam, bahkan padamnya sampai berjam-jam lamanya dan tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu," ketusnya, Rabu (2/1).

Pemadaman yang terjadi pada Selasa (1/1) malam sekitar pukul 18.55 WIB hingga pukul 21.10 WIB tentu membuat kecewa dirinya sebagai pelanggan PLN. Untuk itu,  ia berharap di tahun ini PLN dapat meningkatkan pelayanan dengan pasokan listrik yang dapat dinikmati secara maksimal oleh pelanggan, bukan malah di hari pertama tahun baru malah terjadi pemadaman. 

"Kita menjadi ragu, dan tak percaya PLN bisa memperbaiki kinerjanya. Kita berharap ada evaluasi dari provinsi agar masyarakat tidak dirugikan dengan kondisi ini," mintanya.

Sementara itu, saat dikonfirmasi, Asisten Manager Keuangan, SDM dan Administrasi PLN UP3 Ketapang, Tumbur Manalu membenarkan adanya pemadaman listrik, yang mana diakuinya pemadaman listrik yang terjadi akibat adanya gangguan pada kabel tanah expres feeder PLTU line 1 sekitar pukul 18.48 WIB.

"Akibat gangguan itu menyebabkan PLTU Sukabangun lepas sinkron, karena PLTU menyuplai hampir 50 persen dari total beban sistem.  Maka dari itu, sistem tidak dapat bertahan, sehingga sistem padam total atau Blackout (BO-red)," ungkapnya.

Namun, PLN kemudian berupaya semaksimal mungkin melakukan penormalan sistem, sehingga secara bertahap sistem mulai normal hingga pukul 20.47 WIB.

"Saat ini kita masih melacak dimana titik gangguan pada kabel tanah. Setelah diketahui titik gangguan, baru bisa mengetahui gangguan kabel tanah seperti apa. Namun untuk sistem sekarang sudah normal dan tidak ada pemadaman lagi," katanya. (teo)