Polres Ketapang Amankan Truk Bermuatan 150 Batang Kayu Ulin

Ketapang

Editor hendra anglink Dibaca : 182

Polres Ketapang Amankan Truk Bermuatan 150 Batang Kayu Ulin
Truk bermuatan 150 batang kayu diamankan Polres Ketapang
KETAPANG, SP - Jajaran Satreskrim Polres Ketapang mengamankan sebuah truk bermuatan 150 batang kayu ulin atau belian tanpa dokumen, kemarin.

Truk itu diamankan saat melintas di Jalan Trans Kalimantan, Desa Nanga Tayap. Kepolisian telah menetapkan Asran (35), warga Tumbang Titi, pemilik kayu, sebagai tersangka.

Kapolres Ketapang, AKBP Yury Nurhidayat menjelaskan, kronologis penangkapan berawal dari patroli di sekitar wilayah kejadian.

"Saat itu ada sebuah truk membawa kayu melintas. Setelah dicek truk itu membawa sebanyak 150 kayu belian," katanya, Jum'at (11/1).

Ia melanjutkan, saat diperiksa dan diminta memperlihatkan dokumen-dokumen kayu tersebut, ternyata sang pemilik kayu tidak dapat menunjukkannya sehingga pihaknya kemudian membawa pemilik kayu beserta beberapa saksi yakni sopir dan kernet truk untuk diperiksa lebih lanjut.

"Hasil pemeriksaan sementara kayu ini berasal dari wilayah sandai dan hendak dibawa ke Tumbang Titi," terangnya.

Ia menambahkan, saat ini barang bukti beserta tersangka dan para saksi sudah dibawa ke Mapolres Ketapang untuk dimintai keterangan lebih lanjut, dan pemilik kayu sudah ditetapkan sebagai tersangka karena melanggar Undang-Undang tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan.

"Ancaman hukumannya maksimal 10 tahun penjara," tukasnya. (teo)