Calegnya Dicoret dari DCT, Nasdem Ketapang Lakukan Perlawanan

Ketapang

Editor Admin Dibaca : 322

Calegnya Dicoret dari DCT, Nasdem Ketapang Lakukan Perlawanan
Minta foto Sekretaris DPD Partai Nasdem Ketapang, Muhaiyan Siddik
KETAPANG, SP - Sekretaris DPD Partai Nasdem Ketapang, Muhaiyan Siddik mengatakan, pihaknya akan mengajukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) terkait dicoretnya Maria Yasinta Pala dari Daftar Calon Tetap (DCT).

"Selain itu kita juga akan melaporkan Bawaslu Ketapang ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP)," kata Siddik, Minggu (3/2).

Hal tersebut, lantaran pihaknya menduga adanya pelanggaran etik Pemilu yang dilakukan Bawaslu terkait dengan fungsi pengawasan, apalagi sebagai penemu persoalan dalam hal ini Ketua Panwascam Singkup sangat tahu kalau caleg dari partainya merupakan anggota BPD sejak tahun 2016.

Dia menegaskan, Maria sudah mengundurkan diri dari anggota BPD sejak tertanggal 16 Agustus sesuai surat pengunduran dirinya, bahkan honor yang telah diterimanya dimuka pada bulan Mei 2018 juga sudah dikembalikan ke pihak desa. 

Menurut dia, secara pribadi Ketua Panwascam pernah membantu persyaratan Maria sebagai anggota BPD yang dalam PAW anggota BPD lain  mundur.

Saat itu Maria diangkat menjadi anggota BPD atas dasar ditunjuk, bukan dipilih masyarakat sebagaimana yang telah diatur dalam undang-undang.

"Kita menduga mereka tidak menjalankan fungsi pengawasan yang benar sejak proses pencalonan Caleg sesuai tahapan," ucapnya.

Padahal, sebagai pengawas ketika mengetahui ada kesalahan maka harusnya disampaikan terlebih dahulu. (teo)