Martin Rantan Harap Ketapang Aman Selama Imlek

Ketapang

Editor Admin Dibaca : 475

Martin Rantan Harap Ketapang Aman Selama Imlek
Bupati Ketapang,Martin Rantan.
KETAPANG, SP - Bupati Ketapang Martin Rantan, memberikan imbauan kepada aparat TNI-Polri yang mengamankan perayaan Imlek dan Cap Go Meh, senantiasa melakukan deteksi dini hal-hal yang berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas.

"Seperti misalnya kalau ada kelompok intoleransi yang menganggap dirinya paling benar, orang lain dianggapnya salah, dan sebagainya," kata Martin, saat apel gelar pasukan Operasi Liong Kapuas 2019, kemarin.

Bupati yang membacakan amanat tertulis Kapolda Kalbar mengatakan, apel gelar pasukan tersebut dilaksananakan untuk mengecek kesiapan seluruh personel pengamanan berikut kelengkapan sarana dan prasarana pendukung, serta keterpaduan unsur lintas sektoral mensukseskan agenda nasional dan daerah yang aman.

"Operasi ini berperan sangat besar dalam mengawal dan mengamankan seluruh proses perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2019," ucapnya.

Penggelaran kekuatan pada setiap titik titik rawan, hendaknya dilakukan dalam rangka memberikan perlindungan pengayoman dan pelayanan masyarakat, melalui koordinasi dan bekerja sama dengan seluruh komponen masyarakat.

Sehingga terwujud sinergisitas dan keterpaduan serta kebersamaan dalam setiap pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara.

"Saya mengingatkan kepada seluruh peserta upacara dan undangan agar mewaspadai dan mengantisipasi gesekan-gesekan yang mungkin akan timbul," tuturnya.

Adapun potensi seperti itu sudah mulai terlihat, munculnya sentimen negatif terhadap kelompok atau etnis tertentu, hal ini perlu dilakukan antisipasi karena sudah merupakan kewajiban  untuk mewujudkan dan memberikan rasa aman kepada masyarakat yang merayakan.

Demikian juga disampaikan larangan menyimpan, menjual, menyembunyikan dan menggunakan bahan peledak termasuk petasan agar tetap diawasi dan dilakukan penindakan secara tegas dan tuntas. Karena hal ini dapat menimbulkan potensi timbulnya korban baik harta benda maupun jiwa.

Sementara itu, Kapolres Ketapang, AKBP Yury Nurhidayat mengaku bersama pihak lain siap mengamankan dan mensukseskan Imlek dan Cap Go Meh tanggal 19 Februari mendatang.

Ia mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta menjaga keamanan.
"Khusus anggota Polres kita kerahkan sebanyak 154 personil," tukasnya.(teo)