Bawaslu Ketapang Gelar Rakernis Penyelesaian Sengketa Pemilu

Ketapang

Editor Admin Dibaca : 424

Bawaslu Ketapang Gelar Rakernis Penyelesaian Sengketa Pemilu
Rakernis Bawaslu Ketapang
KETAPANG, SP - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Ketapang menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) terkait penyelesaian sengketa Pemilu 2019.

Kegiatan tersebut dihadiri perwakilan partai politik (Parpol), Tim Pemenangan Presiden nomor 01 dan 02, serta LO dari DPD RI yang ada di Ketapang, Selasa (12/2).

Dari pantauan, kegiatan yang membahas persoalan penyelesaian sengketa serta objek sengketa juga dihadiri 20 anggota Panwascam Divisi Hukum dan Penindakan dari 20 kecamatan yang ada di Ketapang.

Saat dikonfirmasi, Anggota Komisioner Bawaslu Ketapang Divisi Sengketa Pemilu, Agnesia Ermi mengatakan, kegiatan yang digelar pihaknya bertujuan untuk kembali menyampaikan persoalan terkait penyelesaian sengketa yang kemungkinan terjadi pada Pemilu 2019.

"Makanya dalam kegiatan ini kita juga mengundang Parpol agar mereka juga dapat memahami proses penyelesaian sengketa termasuk perihal pengajuan sengketa," katanya, Selasa (12/2).

Menurutnya, sejauh ini ada beberapa Parpol yang pengajuan sengketanya tidak dapat diterima atau tidak terdaftar lantaran waktu pengajuan sengketa sudah kedaluwarsa dan ada juga karena syarat formil dan materil yang tidak lengkap, yang dimungkinkan terjadi karena tidak mengetahui mekanisme yang ada.

"Dengan rakernis ini kita berharap, Parpol dapat memahami mekanisme yang ada sehingga hak mereka untuk melakukan pengajuan sengketa bisa dijalankan sesuai mekanisme yang ada," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Ketapang, Nuryanto berharap agar pemilu di Ketapang khususnya bisa berjalan dengan lancar, aman dan damai dan memberikan manfaat positif bagi masyarakat.

Iapun mengaku dengan adanya rakernis para peserta yang hadir baik perwakilan Parpol maupun Panwascam dapat semakin memahami mekanisme terkait penyelesaian sengketa pemilu, apalagi hal ini sudah diatur di dalam undang-undang dan di perbawaslu. (teo)