Polisi Tangkap Terduga Penipuan Dana Haji Rp500 Juta

Ketapang

Editor M. Eliazer Dibaca : 3991

Polisi Tangkap Terduga Penipuan Dana Haji Rp500 Juta
Terduga kasus penipuan dana haji, Yuliyawati saat diamankan di Polres Ketapang.
KETAPANG, SP - Satreskrim Polres Ketapang meringkus Yuliyawati (36), warga Kelurahan Sukaharja atas dugaan penipuan dana pemberangkatan haji sebesar Rp596 juta.

Kasat Reskrim Polres Ketapang, AKP Eko Mardianto mengatakan penangkapan Yuliyawati setelah korban warga Kecamatan Kendawangan, Susta Gunawan melapor dugaan penipuan tersebut ke Polres Ketapang.

"Kita amankan pelaku yang juga merupakan seorang ibu rumah tangga di kediamannya, Sabtu (9/3) malam," katanya, Minggu (10/3).

Kasus  bermula ketika Susta Gunawan datang ke Kantor Departemen Agama Ketapang pada 2018 untuk menanyakan proses pendaftaran keberangkatan jamaah haji plus. Di sana, ia bertemu Yuliyawati yang menawarkan untuk mengurus keberangkatan haji.

"Setelah berkenalan Yuliawati menemui pelapor dengan beberapa saudara Susta Gunawan di Kendawangan yang bermaksud mendaftarkan keberangkatan orang tuanya dan empat orang saudaranya" terangnya.

Setelah sepakat mengenai biaya ingkos naik haji plus saat itu sebesar Rp149 juta per orang, Susta Gunawan menyerahkan uang Rp260 juta untuk mendapatkan jatah kursi keberangkatan haji 2019 untuk empat orang ke Yuliawati. Penyerahan uang dilakukan beberapa kali dengan jumlah keseluruhan lebih dari Rp500 juta.

"Ternyata Yuliawati tidak mendaftarkan orangtua dan saudara Susta Gunawan ke travel keberangkatan haji. Uang yang mereka berikan dipergunakan untuk menutup biaya jemaah umroh yang sebelumnya belum diberangkatkan Yuliawati," jelasnya. (teo/jee)