Golkar Kalahkan PDIP di Ketapang

Ketapang

Editor M. Eliazer Dibaca : 323

Golkar Kalahkan PDIP di Ketapang
ilustrasi
KETAPANG, SP - Berdasarkan data pleno rekapitulasi KPU tingkat kabupaten, Partai Golkar unggul pada Pemilu Legislatif di Ketapang dengan raihan 10 kursi.

"Dari produk yang dihasilkan pasca rekapitulasi tingkat kabupaten, partai politik atau masyarakat bisa mengakumulatifkan dan menghitung, berapa kursi parpol dan siapa Caleg yang bakal duduk menjadi anggota DPRD, sesuai metode pembagian Sainte Lague. Hanya saja untuk penetapannya harus sesuai penetapan tingkat nasional," kata
Ketua KPU Ketapang, Tedi Wahyudin, Kamis (9/5).


Pada prinsipnya kata Tedy, pleno yang dilakukan merupakan rekapitulasi penghitungan perolehan suara, baik partai politik maupun caleg dari tiap kecamatan di Ketapang.

"Dari hasil rekap itu, kemudian keluarlah produk hukum yang pertama Berita Acara atau Model DB-KPU dan Salinan Hasil Rekap atau Model DB.1-KPU yang juga kita serahkan ke saksi Parpol," ungkapnya.

Produk hukum dari hasil rekap yakni Surat Keputusan (SK) penetapan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara, hanya saja SK penetapan tidak diberikan ke saksi Parpol, karena harus menunggu penetapan nasional yang dijadwalkan 22 Mei 2019.


Dari data yang dihimpun saat pleno rekapitulasi tingkat Kabupaten Ketapang, pada Pemilu 2019, Partai Golongan Karya (Golkar) yang periode lalu hanya meraih 8 kursi, kali ini diprediksi meraih 10 kursi di DPRD Ketapang.

Sedangkan PDIP pada Pemilu lalu menjadi peraih kursi terbanyak dengan 9 kursi kali ini diprediksi hanya meraih 7 kursi.

Partai Hanura dari 5 kursi sebelumnya diprediksi hanya meraih 4 kursi, Partai Gerindra yang sebelumnya hanya meraih 3 kursi kali ini diprediksi meraih 6 kursi.


Partai PAN yang sebelumnya meraih enam kursi diprediksi hanya mendapatkan 4 kursi, disusul Partai Nasdem yang sebelumnya meraih 3 kursi kali ini diprediksi mendapat 4 kursi.


Partai PPP diprediksi tetap bertahan pada 4 kursi, Partai Demokrat yang sebelumnya mendapatkan 5 kursi, kali ini hanya berhasil meraih 2 kursi, Partai PKB yang sebelumnya meraih 2 kursi kali ini hanya mampu mendapatkan 1 kursi.


Sedangkan partai pendatang baru yakni Partai Perindo berhasil mendapatkan 2 kursi bersama PKS yang sebelumnya tidak memiliki wakil di DPRD Ketapang, kali ini mendapatkan 1 kursi. (teo)