Dinkes Pastikan Ketapang Aman Cacar Monyet

Ketapang

Editor elgiants Dibaca : 58

Dinkes Pastikan Ketapang Aman Cacar Monyet
Pemeriksaan – Petugas memeriksa suhu tubuh warga Indonesia yang pulang dari luar negeri, sebagai upaya antisipasi masuknya penyakit cacar monyet ke Indonesia.
KETAPANG, SP – Kepala Dinas Kesehatan Ketapang, Rustami mengatakan, Kabupaten Ketapang aman dari penyebaran virus cacar monyet, meskipun Ketapang menjadi wilayah yang kerap dimasuki warga asing.
"Alhamdulillah, tidak ada warga terkena penyakit itu," ungkapnya, Kamis (23/5).

Meskipun kerap dimasuki warga asing, namun kata Rustami warga asing yang datang bukan dari Singapura yang saat ini menjadi negara yang banyak penyebaran cacar monyet.

"Kemungkinan penyebaran virus di Ketapang kecil, apalagi setiap orang dideteksi, misalkan suhu badan panas dan ketika masuk ke Indonesia ada prosedur pemeriksaan kesehatan dikarantina untuk meminimalisir penyebaran penyakit," akunya.

Ia menambahkan, memang beberapa waktu lalu sempat ada informasi pasien di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Agoesdjam yang diduga menderita cacar monyet.
Namun setelah diperiksa, ternyata pasien yang merupakan warga Kecamatan Singkup hanya menderita penyakit kulit biasa.

"Sudah di cek, ternyata sakit kulit biasa namun pasien sudah lama dirawat di rumah sakit," jelasnya.

Ia meminta masyarakat tidak terpancing informasi yang belum benar, termasuk informasi soal penyakit cacar monyet di Ketapang.
“Karena penyakit ini memang belum ditemukan di Ketapang,” pungkasnya. (teo/jee)