Kapal Tugboat Kandas di Muara Ketapang

Ketapang

Editor elgiants Dibaca : 77

Kapal Tugboat Kandas di Muara Ketapang
Evakuasi – Petugas Pos SAR Ketapang memakaikan alat kelengkapan keselamatan kepada penumpang Kapal Tugboat (TB) Kapuas IV yang karam, saat dilakukan evakuasi. Penumpang di kapal Tugboat semuanya berasal dari satuan dinas yang hendak memeriksa kapal asing.
KETAPANG, SP - Kapal Tugboat (TB) Kapuas IV yang membawa penumpang dari beberapa instansi untuk melakukan pengecekan kapal asing, yang masuk perairan Ketapang mengalami kebocoran dan kandas di muara perairan Ketapang, Kamis (13/6) malam.

Koordinator Pos Pencairan dan Pertolongan Ketapang, Suaka Sardo membenarkan hal tersebut. Ia mengaku pihaknya mendapatkan informasi dari salah sorang  penumpang yang berada di atas kapal yang meminta pertolongan. 

"Sekitar pukul 18.10 WIB satu di antara penumpang yang juga merupakan petugas Karantina Pelabuhan bernama Ibu Brigitta (27) memberitahu telah terjadi kebocoran di kapal yang ditumpanginya. Sekitar pukul 18.50, Tim Rescue Pos SAR Ketapang bergerak ke lokasi," ungkapnya, kemarin.

Sekitar pukul 19.08 WIB, pihaknya berhasil mengevakuasi seluruh penumpang kapal ke shelter Pos SAR Ketapang. Penumpang yang dievakuasi berjumlah delapan orang, termasuk Anak Buah Kapal (ABK) dan nahkoda kapal. Kedelapannya, Brigitta (27), Stefanus (34), Alan (21), Arif (27), Eki Syafrudin (34), Feri (34), Rinaldi Akbar (19), dan Rian (30).

"Evakuasi dilakukan bersama dengan KSOP Ketapang dan Satpolairud Polres Ketapang," tuturnya.

Atas kejadian tersebut, ia mengimbau khususnya bagi pengguna jasa dan pemberi jasa angkutan sungai dan laut di Ketapang agar memperhatikan kondisi kapal saat melaut dan ketersediaan alat apung di atas kapal wajib ada.

Sementara itu, Petugas Administrasi Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ketapang, Muhammad Ilham mengatakan, penumpang yang berada di Kapal TB Kapuas IV yang mengalami kandas dan kebocoran di perairan Ketapang merupakan petugas dari beberapa instansi di Ketapang.

"Kebiasaan di sini, pihak pelayaran menyewakan tugboat untuk membawa petugas kita, termasuk Imigrasi dan Karantina, karena tidak adanya fasilitas lain untuk digunakan," katanya.

Ilham juga memastikan tidak ada penumpang lain selain petugas instansi tersebut, lantaran kapal-kapal tersebut tidak dibolehkan digunakan untuk membawa penumpang.

"Pada hari itu memang ada kapal asing masuk, maka dilakukan pemeriksaan terkait kelengkapan dokumen dan kesehatan oleh Karantina," pungkasnya. (teo/jee)