Paguyuban Pasundan Ketapang Berpartisipasi di Acara 60 Tahun Halalbihalal Pasundan Kalimantan Barat

Ketapang

Editor M. Eliazer Dibaca : 228

Paguyuban Pasundan Ketapang Berpartisipasi di Acara 60 Tahun Halalbihalal Pasundan Kalimantan Barat
Grup kesenian Calung dari Paguyuban Pasundan di Ketapang
KETAPANG, SP - Paguyuban Pasundan Kabupaten Ketapang turut memeriahkan peringatan 60 tahun halalbilhalal Paguyuban Pasundan Provinsi Jawa Barat dan Paguyuban Masyarakat Banten yang dilaksanakan di Makodam XII/TPR, Kubu Raya, Minggu (7/7).

Rangkaian kegiatan yang digelar pada acara tersebut di antaranya
jalan sehat, senam zumba, sunatan masal, donor darah, tausiah yang disampaikan ustaz Evie efendi, pagelaran seni khas Jawa barat seperti Kuda Singa, Tari Jaipong, pencak silat, Calung dan wayang golek.

Acara juga diisi pembagian doorprize dengan hadiah utama satu unit sepeda motor. Pada acara puncak diisi oleh bintang tamu artis nasional dari Jawa Barat yakni, Ki Daus dan Ceu Popon.

Ketua Paguyuban Pasundan Ketapang, Muhammad Wahyudin, mengaku kegiatan yang digelar bermanfaat bagi warga Kalbar, khususnya warga pasundan yang berada di seluruh Kalbar, lantaran dengan adanya kegiatan ini dapat memupuk rasa persaudaraan sesama perantau.

"Untuk kita sendiri ikut memeriahkan dengan turut menampilkan kesenian sunda berupa Calung," ungkapnya, Selasa (9/7).

Ia melanjutkan, untuk ikut serta dalam kegiatan tersebut, tantangan pihaknya jarak kegiatan yang jauh dengan jumlah personil yang cukup banyak, namun semua bisa teratasi berkat dukungan dan kerja sama semua anggota, baik moril maupun materil.

Terlebih kepada tim kesenian Calung yang telah meluangkan waktu ,tenaga dan biaya sehingga kegiatan dimaksud bisa diikuti dengan baik dan lancar.

"Alhamdulillah kita bisa ikut memeriahkan acara tersebut. Ke depan kita berharap acara ini bisa diselenggarakan di Ketapang dengan tujuan untuk menggali potensi dan bakat bidang seni maupun kemampuan lainnya, yang harus dilestarikan dengan baik sehingga dapat mewarnai khazanah budaya di Kalbar, terlebih saya yakin pemerintah daerah akan mendukung kegiatan positif seperti ini," tukasnya. (teo)