Sabtu, 21 September 2019


Farhan Ingatkan Jaga Sikap dan Prilaku

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 102
Farhan Ingatkan Jaga Sikap dan Prilaku

Ucapan Selamat – Sekda Ketapang, Farhan menyalami CPNS yang ikut pelatihan dasar CPNS sebelum resmi menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Lewat pelatihan yang dilakukan diharapkan akan terbentuk PNS yang berintegritas.

Sebanyak 40 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Pemkab Ketapang mengikuti pelatihan dasar untuk golongan II dan golongan III. Pelatihan dibuka Sekretaris Daerah Ketapang, Farhan, kemarin.

Pelatihan dasar CPNS dinilai Farhan penting dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi CPNS, agar dapat mengemban tugas pokok dan fungsinya dengan baik dan optimal.

“Pelatihan dasar CPNS merupakan salah satu metode menjembatani kesenjangan antara kemampuan riil aparatur dengan kompetensi jabatan yang dipersyaratkan,” kata Farhan.

Pelatihan dasar juga merupakan syarat CPNS masuk ke jenjang Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan upaya membentuk sosok aparatur pemerintah yang merupakan ujung tombak pelayanan ke masyarakat. 

"PNS sebagai unsur utama punya peranan penting menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan," jelas Farhan.

Peranan penting PNS tersebut diharapkan dalam sejumlah keputusan strategis, mulai dari merumuskan kebijakan sampai implementasi kebijakan dalam berbagai sektor pembangunan. PNS diharapkan mampu memainkan peranan tersebut. 

Membentuk sosok PNS profesional perlu dilakukan pembinaan melalui jalur pelatihan. Selama ini pelatihan pembentukkan CPNS dilakukan lewat pendidikan dan pelatihan, di mana praktik penyelengaran pelatihan yang pembelajarannya didominasi oleh ceramah sulit membentuk karakter yang kuat dan profesional. 

Sejalan dengan telah ditetapkannya Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, CPNS wajib menjalani masa percobaan yang dilaksanakan melalui proses pelatihan terintegrasi.

“Pelatihan terintegrasi ini untuk membangun integrasi moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang,” tutur Farhan.

Ditegaskan Sekda Ketapang, dalam pelaksanaan pelatihan dasar CPNS akan banyak aturan yang ada awalnya dirasa cukup berat untuk dijalani. Namun sebagai wadah pembentukan PNS yang ideal, para peserta harus senantiasa menjalankan aturan dalam pelaksanaan pelatihan dasar. 

"Saya harap peserta dapat mengikuti pelatihan dasar ini  dengan baik dan serius serta menjaga sikap dan perilakunya selama pelatihan,” pungkas Farhan. (teo/pk/jee)