Rayakan Iduladha, PT WHW-AR Serahkan Puluhan Hewan Kurban

Ketapang

Editor M. Eliazer Dibaca : 163

Rayakan Iduladha, PT WHW-AR Serahkan Puluhan Hewan Kurban
Penyerahan bantuan sapi kurban dari manajemen PT WHW ke salah satu masjid di Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Ketapang. Bantuan hewan kurban yang disalurkan PT WHW tahun ini mencapai puluhan.
KETAPANG, SP - Memperingati Hari Raya Iduladha 1440 Hijriyah, PT Well Harvest Winning Alumina Refinery (WHW-AR) menyerahkan lima sapi dan 20 kambing untuk dikurbankan ke 14 masjid di Kendawangan, Kabupaten Ketapang, Sabtu (10/8).

Penyerahan simbolis hewan qurban dihadiri pemuka agama, tokoh masyarakat dan manajemen PT WHW-AR, diantaranya tokoh agama Dusun Sungai Gantang, Ustadz Mistari dan Panitia kurban Masjid Al-Hidayah, M. Nasir. Sementara dari Manajemen PT WHW-AR diwakili oleh Wu Huaiyi, Zang Hongyi, Togap Manik, dan Mujiati.

Bantuan hewan kurban juga merupakan bagian program Corporate Social Responsibility (CSR) dan ungkapan syukur atas doa restu yang berikan masyarakat sekitar, sehingga operasional perusahaan bisa berjalan harmonis, bermanfaat dan berkah bagi masyarakat sekitar.

Sebagai smelter terbesar di Indonesia, PT WHW-AR senantiasa memberikan manfaat besar bagi bangsa, PT WHW-AR selalu hadir untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat. Kehadiran manajemen PT WHW pada acara besar keagamaan masyarakat muslim, juga bagian dari komitmen perusahaan mewujudkan kedekatan dengan masyarakat sekitar.

Adanya bantuan hewan kurban membuat makna perayaan Idul Adha semakin berkesan. Berkurban tak hanya terbatas dan berhenti pada penyembelihan hewan saja, namun menumbuhkan rasa kepedulian terhadap sesama.

Ketua Panitia Qurban Masjid Al Hidayah Kendawangan, M. Nasir bersyukur karena setiap tahun menerima hewan kurban dari PT WHW-AR.

"Kami selaku panitia kurban berterima kasih atas perhatian PT WHW-AR ke masyarakat sekitar. Semoga adanya program CSR pada perayaan hari besar keagamaan, akan meningkatkan tali silaturahmi antara masyarakat dengan perusahaan," katanya.

Pelaksanaan penyembelihan hewan kurban dilakukan di masjid di sekitar Kendawangan, di antaranya Masjid Al-Ikhlas, Masjid Baiturrahman, Masjid Al-Amin, Masjid Nurul Hidayah, Masjid Al-Hidayah, Masjid Nurul Iman, Masjid Nurul Huda, Surau Nurul Amin, Masjid Jamiatul Hairat, Masjid Fattahurrahman, Masjid Jamik Ahlul Yaqin, Surau Al-Falah dan Masjid Besar Babussalam Kalinilam.

Kontribusi Nyata Program CSR PT WHW-AR ke Warga Kendawangan

Program CSR PT WHW-AR memiliki agenda kegiatan Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) di berbagai bidang, seperti pendidikan, kesehatan, infrastruktur, kemandirian ekonomi, keagamaan, sosial budaya, kepemudaan, dan penguatan kelembagaan komunitas.

Dengan Program CSR tersebut merupakan aksi wujud nyata PT WHW-AR untuk kemajuan warga sekitar yang lebih sejahtera.Dalam bidang pendidikan, telah terlaksana di antaranya penyelesaian bantuan sarana pendidikan untuk PAUD Mutiara Tengar, bantuan sarana perpustakaan bagi MTS At-Taqwa Kendawangan berupa meja, kursi dan rak buku, renovasi ruang kelas dan alat peraga pendidikan sains untuk SD Negeri 15 Kendawangan Dusun Sungai Gayam. 

Dibidang kesehatan, diantaranya penyerahan bantuan makanan tambahan bagi manula yang bersamaan dengan kegiatan WHW berbagi Idulfitri 1140 Hijriah.

Sedangkan dibidang kemandirian ekonomi, di antaranya penyiapan untuk penyaluran bantuan pengembangan kelompok perempuan dalam usaha kecil, pendampingan pengembangan dan penguatan kelompok tani yang telah mendapatkan bantuan, pendampingan pengembangan dan penguatan kelompok nelayan yang telah mendapat bantuan. Untuk bidang sarana infrastruktur umum, diantaranya bantuan sarana air bersih bagi warga Dusun Sukaria dan bangun MCK (Mandi Cuci Kakus) umum Dusun Tanjung.

Salah satu potret keberhasilan manfaat Program CSR PT WHW-AR juga dirasakan oleh Keluarga Bapak Mentaduk. Pria berusia 53 tahun itu merupakan satu dari ratusan warga Adat Dayak yang menjadi Binaan Program CSR PT WHW-AR, dalam program kemandirian ekonomi dalam sektor pertanian.

Mentaduk bercocok tanam mulai sayuran terong, cabai, kacang panjang, timun hingga bawang merah di sekitar area tempat tinggalnya di Dusun Kelukup Belantak, Desa Mekar Utama, Kecamatan Kendawangan, Kalimantan Barat.

Melalui Program CSR PT WHW-AR yang membimbing mulai dari persiapan tanam, perawatan, panen hingga pemasaran, kini keluarga Mentaduk lebih maju dan sejahtera dengan berpenghasilan sedikitnya Rp10 juta per bulan. 

Dengan kemandirian ekonomi keluarga, maka putera Mentaduk juga memperoleh pendidikan yang unggul. Dengan manfaat yang dirasakan oleh keluarga Mentaduk, semakin meyakinkan PT WHW-AR untuk memberikan dampak positif peningkatan ekonomi masyarakat, dengan memunculkan petani-petani lainnya untuk menekuni budidaya pertanian lokal. (teo/pk)