Selasa, 12 November 2019


Kabut Asap Tak Pengaruhi Aktivitas Bandara Ketapang

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 191
Kabut Asap Tak Pengaruhi Aktivitas Bandara Ketapang

Plt Bandara Rahardi Oesman Ketapang, Donny S. Haris

KETAPANG, SP – Aktivitas Bandara Rahardi Oesman Ketapang saat ini masih berjalan normal, meski kawasan bandara diselimuti kabut asap.

Pelaksana tugas Bandara Rahardi Oesman Ketapang, Donny S. Haris mengatakan, jarak pandang dibandara masih aman untuk melakukan aktivitas penerbangan, seperti rute Ketapang-Pontianak dan Ketapang-Semarang.

“Saat ini jarak pandang masih di atas batas minimal, rata-rata 6-8 kilometer. Jarak pandang minimal yang aman bagi penerbangan di Bandara Rahadi Oesman adalah 2.800 meter," katanya, Selasa (13/8).

Kondisi ini, kata Donny juga terjadi pada pagi maupun sore, yang dinilai merupakan waktu paling rentan datangnya kabut asap.

"Bersyukur saat ini masih lancar. Kabut asap belum berdampak pada penundaan keberangkatan atau pendaratan," jelasnya.

Menurut Donny, otoritas di Bandara Internasional Supadio Pontianak juga telah melakukan persiapan dan koordinasi jika tiba-tiba bencana kabut asap mulai mengganggu penerbangan.

“Koordinasi juga telah kita lakukan dengan manajemen maskapai untuk kesiapan itu, dan penanganan dengan pemerintah daerah," jelasnya.

Ia berharap kabut asap di Ketapang bisa segera hilang, agar tidak menimbulkan dampak negatif untuk penerbangan, kesehatan, pendidikan, dan perekonomian masyarakat.

"Kami harap di Ketapang tidak lagi ada pembakaran hutan dan lahan, sehingga Kalbar, khususnya Ketapang bebas dari kabut asap," harapnya.

Bandara Rahadi Oesman Ketapang dalam sehari melayani 10 penerbangan dari Maskapai Wings Air dan Nam Air. Jadwal keberangkatan dimulai pukul 07.00 WIB dan berakhir pukul 16.30 WIB. (teo/jee)