Jumat, 22 November 2019


Kejari Eksekusi Terdakwa Penggelapan Dana CU

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 136
Kejari Eksekusi Terdakwa Penggelapan Dana CU

Eksekusi - Jaksa Penuntut Umum Kejari Ketapang saat mengeksekusi terdakwa penggelapan uang milik PT Batu Raya CU Pancur Dangeri, Kristinus Teha Sano. Ist

KETAPANG, SP - Kejaksaan Negeri Ketapang melakukan eksekusi putusan kasasi kasus penggelapan dalam jabatan yang dilakukan Kristinus Teha Sano yang merupakan Manager PT Batu Raya CU Pancur Dangeri yang berlokasi di Kecamatan Simpang Hulu.

Ekskusi terhadap Krisantus setelah Kejari Ketapang menerima surat putusan Mahkamah Agung (MA) yang menolak permohonan kasasi Krisantus.

"Surat putusan kasasi kita terima pekan lalu. Atas dasar itu, kita eksekusi terdakwa pada Selasa (17/9),” kata Kasi Pidum Kejari Ketapang, Rudy Astanto, Rabu (18/9).

Krisantus, kata Rudy dijerat kasus penggelapan dengan modus memanipulasi pembukuan di Kantor Koperasi CU Pancur Dangeri, sehingga perusahaan rugi Rp184 juta.

Sebelumnya Krisantus sudah divonis bersalah oleh Pengadilan Negeri (PN) Ketapang pada 7 Februari 2012. Dalam putusan tersebut, PN menjatuhkan pidana 10 bulan dan statusnya dialihkan menjadi penahanan kota.

"Kemudian kita banding, keluar putusan Pengadilan Tinggi Pontianak 9 April 2012 menerima banding yang kita ajukan dan menjatuhkan pidana ke terdakwa penjara selama satu tahun, kemudian terdakwa melakukan kasasi, ternyata ditolak MA. Kemudian kita lakukan eksekusi sesuai putusan MA," tegas Rudy.

Saat ini terpidana sudah dibawa untuk menjalani proses hukum satu tahun penjara dikurang selama terdakwa berada dalam tahanan sementara. (teo/jee)