Minggu, 20 Oktober 2019


Bupati Launching Desa fokus di Desa Balai Pinang

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 78
Bupati Launching Desa fokus di Desa Balai Pinang

Potong bambu – Bupati Ketapang, Martin Rantan memotong bambu muda sebelum memasuki lokasi Desa Balai Pinang, Kecamatan Simpang Hulu untuk melaunching program Desa Fokus. Ist

KETAPANG, SP – Bupati Ketapang, Martin Rantan melaunching Desa Fokus di Desa Balai Pinang, Kecamatan Simpang Hulu, Senin (23/9). Launching dilakukan berdasarkan Keputusan Bupati Ketapang tentang Penetapan Desa Fokus Tahun 2018. Ada 12 desa yang ditetapkan menjadi Desa Fokus.

Bupati Martin Rantan menjelaskan Desa fokus merupakan titik sasaran di mana pembangunan harus dilakukan secara terintegrasi menyatu saling mendukung.

"Kalau dukungan dari pemerintah pusat sudah jelas sesuai dengan nawacita Presiden Jokowi membangun dari pinggir, artinya membangun dari desa," kata Martin Rantan.

Pemrov Kalbar kata Martin, melalui program Gubernur Kalbar, Martin Rantan juga membuat program untuk memajukan desa melalui program Desa Mandiri yang memiliki 55 kriteria.

"Sementara Desa Fokus ini program Pemkab Ketapang yang disinergikan dengan misi bupati dan wakil bupati yang ke lima yakni pemberdayaan masyarakat desa dan pemerintahan desa," tuturnya.

Martin mengingatkan masyarakat bahwa program Desa Fokus tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah secara berjenjang, baik pemerintah pusat, pemeritah provinsi, pemerintah kabupaten, pemerintah kacamatan dan desa.

"Tanggung jawab untuk terselenggaranya tumbuh dan berkembangnya desa menjadi tanggung jawab banyak pihak," katanya.

Namun tidak kalah penting, lanjut Martin, harus ada sesuatu yang tumbuh dari masyarakat, sebaik apapun program yang diturunkan pemerintah, jika masyarakat tidak merespon, tidak ada manfaatnya.

Ke depan disarankan Martin, agar dilakukan loka karya untuk merangsang partisipan atau keterlibatan masyarakat, agar ikut terintegrasi di dalam desa fokus ini.

Desa fokus diharapkan Martin, bukan hanya program reklame saja, tetapi Desa Fokus bagian yang integral tidak terpisahkan dari masyarakat, sehingga masyarakat merasa memiliki program tersebut.

Martin juga akan menugaskan beberapa Kepala Satuan Kerja Perangkat Desa (SKPD) untuk mendorong program desa fokus, sementara untuk kepala desa melalui Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD) melalui pemberdayaan masyarakat dilakukan sosialisasi supaya masyarakat terintegrasi mempunyai rasa memiliki terhadap program ini.

Untuk Desa Fokus di Balai Pinang, program utama pembangunan pertama adalah pengelolaan air bersih, kedua pengelolaan pariwisata, peternakan dan perkebunan dan ketiga pengelolaan sumber daya alam secara lestari dan berkelanjut. (teo/pk)