Minggu, 20 Oktober 2019


Pemilik Salon Bobol Mesin ATM

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 91
Pemilik Salon Bobol Mesin ATM

Pelaku pembobolan – Pemilik usaha salon yang juga terduga pelaku pembobolan mesin ATM milik Bank BRI, Misran saat diamankan di Mapolres Ketapang, Selasa (24/9).

KETAPANG, SP – Pelaku pembobolan mesin Anjung Tunai Mandiri (ATM) milik Bank Rakyat Indonesia (BRI) di stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Sukabangun di Jalan Gajah Mada, Desa Sukabangun, Kecamatan Delta Pawan, diringkus warga, Selasa (24/9).

Pelaku pembobolan bernama Misran alias Mis (42) yang diketahui merupakan pemilik salon yang berada di depan bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 08 Sukabangun.

Pelaksana harian Kapolsek Kawasan Pelabuhan, Ipda Sigunari menjelaskan, Misran melakukan aksinya saat azan subuh ketika situasi sekitar ATM gelap. Saat bersamaan, penjaga SPBU bernama Markas (59) hendak mematikan saklar lampu jalan di samping ATM dan mendengar bunyi mencurigakan di ruang mesin ATM.

“Ketika diperiksa ditemukan pelaku yang sudah berhasil membuka mesin ATM, namun belum sempat membuka bagian utama tempat penimpanan uang,” jelas Sigunari.

Mengetahui aksinya terpergok, Misran langsung melarikan diri, namun akhirnya berhasil ditangkap. Warga kemudian datang dan melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Kawasan Pelabuhan.

Polisi kemudian menuju tempat kejadian perkara dan mengamankan Misran serta barang bukti yang diduga digunakan untuk membobol mesin ATM, yaitu dua obeng, satu tang dan pisau serta staples yang terbungkus dalam tas kecil warna hitam.

“Berdasarkan keterangan pelaku ia melakukan aksinya seorang diri karena melihat listrik padam lalu timbul niat membobol ATM,” pungkas Sigunari.

Kepada awak media yang menemui Misran di Mapolres Ketapang, dia mengaku awalnya tidak berniat membobol ATM. Niat tersebut muncul saat listrik di ruang mesin ATM padam.

“Niat saya muncul karena listrik sedang padam dan terpikir membobol mesin ATM. Saya tahu listrik padam sewaktu terbangun dari tidur,” akunya.

Misran mengatakan peralatan yang ia gunakan untuk mencongkel mesin ATM diambil dari peralatan salon miliknya.

“Membobol ATM menggunakan peralatan yang biasa dipakai di salon. Setelah beberapa kali mencongkel mesin tidak bisa, saya kemudian lari ke warung yang kebetulan masih buka, tiba-tiba datang penjaga malam SPBU mengamankan saya,” pungkasnya. (teo/jee)