Selasa, 15 Oktober 2019


108 Pasangan Tak Miliki Buku Nikah

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 37
108 Pasangan Tak Miliki Buku Nikah

KETAPANG, SP – Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Delta Pawan, Abdullah Sani mengatakan sejak Agustus hingga awal Oktober 2019 tercatat 108 pasangan nikah di Kecamatan Delta Pawan yang tidak memiliki buku nikah.

"Agustus 2019 ada 51 pasangan, September 50 dan Oktober tujuh pasang. Totalnya 108 pasang belum punya buku nikah," kata Abdullah Sani, Selasa (8/10).

Kondisi ini kata dia karena persediaan buku nikah di KUA Delta Pawan tidak lagi tersedia. Dia memperkirakan, hal tersebut karena transisi pergantian Menteri Agama, sehingga kementerian tidak dapat mencetak buku nikah untuk diberikan kewilayah yang membutuhkan.

"Mungkin di pusat belum mencetak karena masa transisi pergantian Menteri Agama," kata Abdul Sani saat dikonfirmasi, Selasa (8/10).

Sebagai solusi untuk memperkuat pasangan yang sudah menikah secara administrasi, pihaknya mengeluarkan surat keterangan nikah, sambil menunggu buku nikah dikirim dari Kementerian Agama.

"Sementara waktu kami membuat surat keterangan nikah saja dulu sampai buku nikah dikirim.

Kepala Kantor Kemenag Ketapang, Ikhwan Pohan membenarkan buku nikah di Ketapang sudah tidak ada lagi. Pihaknya sudah melaporkan kondisi ini ke Kantor Kementrian Agama Wilayah Kalbar.

"Kita sudah usulkan ke Kanwil, informasinya 2.000 buku nikah sudah dikirim dari Jakarta ke Kanwil Kalbar. Semoga Ketapang bisa mendapat kuota lebih banyak," akunya.

Sebelumnya, pada13 September 2019, kata Ikhwan, Kemenag Ketapang mendapat 250 buku nikah dari Kanwil namun jumlah tersebut belum memenuhi kebutuhan buku nikah di Ketapang.

"Kejadian kekurang buku seperti saat ini terbilang jarang terjadi, tapi yang jelas, kita tetap berusaha maksimal memberikan pelayanan terbaik,” pungkasnya. (teo/jee)