Senin, 18 November 2019


Empat Pimpinan DPRD Ketapang Dilantik

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 87
Empat Pimpinan DPRD Ketapang Dilantik

PELANTIKAN – Empat pimpinan DPRD Ketapang saat dilantik dan pengucapan sumpah dan janji jabatan di ruang rapat gedung DPRD Ketapang, Selasa (22/10). ist

KETAPANG, SP - Empat unsur pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Ketapang periode 2019-2024 mengikuti pelantikan dan pengambilan sumpah dan janji jabatan di gedung DPRD Ketapang, Selasa (22/10).

Unsur pimpinan yang dilantik adalah Ketua DPRD Ketapang, Muhammad Febriadi dari Parti Golkar, kemudian Suprapto dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Mathoji dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), dan Jamhuri Amir dari Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) sebagai Wakil Ketua DPRD Ketapang.

Usai acara pelantikan, Ketua DPRD Ketapang, M Febriadi mengatakan akan langsung menjalankan tugas dan fungsi pimpinan. Pekerjaan pertama yang akan dilakukan adalah pembentukan komisi dan badan di DPRD. 

Hal lain yang akan dilakukan adalah menyusun rencana kerja DPRD untuk disenergikan dengan rencana kerja bersama pemerintah daerah (Pemda), sehingga target pembangunan yang akan dilakukan akan berjalan dengan baik.

"Kita juga melanjutkan pembahasan lima usulan Rancangan Peraturan Daerah (Reperda) Pemda yang menjadi prioritas guna dijadikan Perda," kata Febriadi kepada wartawan usai acara pelantikan.

Mengenai fungsi kontrol DPRD terhadap Pemda, ia mengaku tetap menjalankan tugas secara profesional, meskipun pimpinan DPRD dan bupati berasal dari partai yang sama. Menurutnya, hal itu justru memudahkan komunikasi.

"Penyelenggara pemerintah daerah berdasarkan undang-undang terdiri dari bupati dan DPRD. Meski Pimpinan eksekutif dan legislatif dari Parpol yang sama, maka akan lebih mudah lagi komunikasinya," yakinnya.

Febri juga meyakinkan lembaga yang dipimpinya akan tetap profesional dalam mengawasi kinerja pemerintahan. 

"Kebijakan Pemda akan kita akan awasi. Tentunya melalui mekanisme dan tidak serta merta memvonis kebijakan itu salah," tambahnya.

Dari empat pimpinan DPRD yang dilantik, tiga nama merupakan wajah baru. Unsur pimpinan periode ini hanya menyisakan satu orang lama yakni Jamhuri Amir dari Partai Hanura. 

Wakil Ketua DPRD Ketapang, Mathoji mengatakan ia siap menjalankan fungsi dan tugas sebagai pimpinan di parlemen.

“Tentu kita akan bekerja maksimal sesuai tugas dan fungsi dan bekerja berdasarkan aturan yang ditetapkan,” kata Mathoji.

Meski baru kali ini menduduki unsur pimpinan, Mathoji mengaku siap mengemban amanah ini, karena pada periode sebelumnya dia juga merupakan anggota dewan.

"Sebenarnya sama saja, hanya mungkin tugasnya lebih berat lagi. Jika sebelumnya hanya anggota, kali ini wakil ketua. Jadi tugas dan kewajibannya lebih banyak lagi. Tapi, saya siap menjalankan amanah ini," ungkapnya. (teo/jee)