Minggu, 08 Desember 2019


Perekrutan Panwascam Dimulai Akhir November

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 156
Perekrutan Panwascam Dimulai Akhir November

Hasil Seleksi – Seorang warga memeriksa nama-nama calon anggota Panwascam yang lulus tahapan seleksi. Di Ketapang, perekrutan anggota Panwascam untuk Pilkada 2020 akan dimulai akhir November 2019. Bawaslu Ketapang telah membentuk Pokja perekrutan.

KETAPANG, SP - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Ketapang telah membuat kelompok kerja (Pokja) untuk perekrutan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Ketapang 2020.

Untuk proses pendaftaran anggota Panwascam akan dilakukan dalam waktu dekat, sesuai surat dari Bawaslu Republik Indonesia.

"Pokja perekrutan sudah terbentuk, kemudian kita juga sudah mulai melakukan sosialisasi ke kecamatan terkait pembukaan rekrutmen Panwascam ini," kata Ketua Bawaslu Ketapang, Nuryanto, Minggu (10/11).

Sesuai petunjuk teknis dari Bawaslu RI, kata Nuryanto tahapan perekrutan dimulai dengan sosialisasi pembukaan pendaftaran selama tujuh hari, dilanjutkan dengan pengumuman pendaftaran yang dimulai 13 hingga 26 November.

"Pendafataran dan penerimaan berkas tanggal 27 November hingga 3 Desember di sekretariat Bawaslu Ketapang," katanya.

Ia menambahkan, selain tahapan-tahapan penerimaan berkas pendaftaran hingga pemeriksaan berkas, pihaknya juga akan menerima tanggapan dan masukan masyarakat terhadap nama-nama yang dinyatakan lulus hasil penelitian administrasi berkas pendaftaran, sebelum mereka mengikuti tes tertulis dan tes wawancara.

"Untuk pelantikan anggota Panwascam dijadwalkan 20-21 Desember mendatang," jelasnya.

Sementara dilansir dari website resmi milik Bawaslu RI, Ketua Bawaslu Abhan mengatakan, Bawaslu akan memulai perekrut pengawas kecamatan untuk Pilkada 2020 pada November 2019. Peluncuran pengumuman seleksi disosialisasikan pada akhir Oktober ini. 

"Panwascam (Pilkada 2020) segera kita bentuk, sehingga Desember kita sudah ada panwascam," ungkap Abhan, belum lama ini.

Dia menegaskan, Panwascam dibentuk satu bulan sebelum terbentuknya Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang akan digelar pada Januari 2020. 

Pembentukan PPK sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota tahun 2020.

"PPK dibentuk pada Januari 2020 maka kita akan bentuk Panwascam satu bulan sebelum PPK terbentuk," katanya.

Di sisi lain, menurut Abhan, panwascam juga berperan untuk mengawasi tahapan penetapan jumlah dukungan perseorangan yang telah dimulai pada Oktober. 

Masyarakat yang memenuhi persyaratan dan keinginan untuk bersama berperan dalam mengawasi dan menyukseskan Pilkada diharapkan agar dapat mendaftarkan diri ke Panwascam di masing-masing kecamatan tempat berdomisili," imbuhnya. (teo/jee)