Senin, 09 Desember 2019


20 Ketua TP PKK Tingkat Kecamatan Dilantik

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 135
20 Ketua TP PKK Tingkat Kecamatan Dilantik

Serahkan SK - Ketua TP PKK Ketapang, Elysabet Bety Martin menyerahkan Surat Keputusan (SK) kepada Ketua TP KK Kecamatan saat acara pelantikan di pendopo Bupati Ketapang, kemarin. Elysabet meminta para ketua TP PKK memahami fungsi dan tanggung jawabnya.

KETAPANG, SP - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK), Kabupaten Ketapang, Elysabet Betty Martin melantik 20 Ketua TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Ketapang di Pendopo Bupati Ketapang, Senin (18/11). Acara dihadiri Bupati Ketapang, Martin Rantan, kepala SKPD dan seluruh Camat di Ketapang.

Usai dilantik, Ketua TP PKK yang dilantik diberikan Surat Keputusan (SK) dan disematkan lencana PKK yang diberikan simbolis oleh Elysabet kepada Ketua TP PKK Kecamatan Manis Mata, Simpang Dua dan Jelai Hulu.

Dalam kegiatan tersebut, Elysabet mengatakan pemenuhan kebutuhan dasar terwujudnya kesejahteraan keluarga sesuai Permendagri Nomor 1 Tahun 2013 tentang Pemberdayaan Masyarakat Melalui Gerakan PKK.

Adanya aturan tersebut, lembaga PKK juga diatur pembinaan dan pengawasannya dari tingkat pusat sampai tingkat desa. Sedangkan sisi penganggaran bersumber dari APBN/APBD dan APBdes.

Tim PKK setiap jenjang juga dilibatkan dalam musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) dan usulan kegiatannya menjadi masukan dalam pembahasan anggaran.

“Sebagai penggerak PKK Kecamatan dengan tugas utama menggerakan ibu-ibu agar mampu berpartisipasi dalam gerakan PKK,“ kata Elysabet.

Dia berharap, Ketua TP PKK Kecamatan tidak bekerja sendiri, akan tetapi selalu berbagi tugas bersama anggota pengurus lainnya. “Saya mengharapkan Ketua TP PKK Kecamatan dan pengurusnya bekerja sama dan paham tugas dan fungsinya “ pintanya.

Selain itu, TP PKK Kecamatan melalui kegiatan empat program pokoknya, juga hendaknya meningkatkan jumlah dan mutu kader di kelompok PKK, serta digalakkan kembali kegiatan PKK seperti Posyandu, kegiatan keagamaan dan gotong royong yang dimulai dari kelompok dasa wisma.

 “Kembangkan koordinasi dengan instansi terkait, galakkan dan sosialisasikan program PKK agar lebih dipahami masyarakat, karena PKK juga merupakan mitra pemerintah,“ harapnya.

Sementara untuk Camat yang merupakan ketua Pembina TP PKK di Kecamatan juga diminta  agar dapat memberikan bantuan kepada TP PKK Kecamatan.

“Ini dimaksudkan agar TP PKK Kecamatan dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan lebih maksimal,” pungkasnya. (teo/pk/jee)