MTQ XXVI di Kubu Raya Diikuti 700 Peserta

Kubu Raya

Editor sutan Dibaca : 1203

MTQ XXVI di Kubu Raya Diikuti  700 Peserta
Bupati Kubu Raya, Rusman Ali didampingi Plt Sekda Kubu Raya, Odang Prasetyo dan Kepala Dinas Perhubungan Kubu Raya, Fauzi Kasim meninjau pembangunan Masjid Bir Ali, Minggu (22), salah satu tempat pelaksanaan MTQ XXVI. (Jaka Iswara/Suara Pemred)
KUBU RAYA, SP-  Ketua Pelaksana MTQ XXVI, Odang Prasetyo menjelaskan, MTQ kali ini diikuti sekitar 700 peserta, dengan jumlah kafilah masing-masing kabupaten/ kota maksimal dibatasi 50 orang.   Peserta kali ini dibagi dalam beberapa cabang dan golongan perlombaan.

Ada enam cabang yang diperlombakan dengan 34 kategori baik anak-anak, remaja, dewasa putra dan putri.   “Perlombaan digelar di enam tempat berbeda, yakni panggung utama di samping Kantor Bupati, Aula Kantor Bupati, Masjid Pondok Pesantren Khulafur Rasyidin, Masjid Dakwah Muhammadiyah dan Masjid Darul Nadjah di Sui Raya Dalam,” kata Odang.  

Sedangkan untuk penginapan, semua kafilah diinapkan di seluruh hotel yang ada di Kubu Raya dan Pontianak. Peserta mulai masuk hotel pada tanggal 21 Mei hingga 24 Mei. Adapun sejumlah hotel yang digunakan untuk tempat penginapan kafilah, terdiri dari lima hotel di Kota Pontianak. Seperti Hotel Mahkota, Transera, Orchard Gajahmada, Orchard Perdana, dan tiga hotel di Kubu Raya, seperti Hotel Dangau, Harmoni In dan Gardenia.
 

“Untuk semua bupati dan walikota, Kakan Kemenag yang semua berjumlah 150 orang, akan menginap di Hotel Mahkota Pontianak. Panitia telah menyiapkan 75 kamar. Sedangkan untuk kafilah disebar di hotel-hotel lainnya. Semua akomodasi, penginapan dan lainnya kita siapkan gratis,” papar Odang.  
 

Untuk hakim juri, panitia telah menyediakan sebanyak 70 dewan hakim dari 14 kabupaten/kota di Kalbar dan delapan orang pengawas. “Hakim ini terdiri dari hakim kabupaten, provinsi hingga tingkat nasional,” ucap Odang.  

Untuk sosialisasi, pihaknya telah memberikan surat edaran kepada pihak ketiga, baik pelaku usaha, organisasi usaha, organisasi masyarakat maupun partai politik, untuk membuat spanduk, banner, baliho dan median sejenis lainnya.  

"Untuk undangan diperkirakan 3000 orang akan hadir. Jadi, kita berharap ajang MTQ ini benar-benar meriah dan bisa berjalan sukses," pungkasnya.
  

Qori Internasional dan Weni KDI 3


Pelaksanaan MTQ kali ini akan menghadirkan Qori Indonesia tingkat nasional dan internasional, yakni Mukmin Ainul.

“Beliau ini yakni (H Mukmin Ainul), qori juara tingkat nasional dan internasional pada 2014 lalu. Kita sudah bicarakan kepada beliau di Jakarta, Insya Allah beliau akan meramaikan pembukaan MTQ,” tambah  Odang Prasetyo disela mendampingi Bupati Kubu Raya, Rusman Ali meninjau persiapan MTQ, kemarin. 

Selain menghadirkan Qori tingkat nasional dan internasional pada acara penutupan, pihaknya juga akan menghadirkan Weni, artis KDI 3 yang merupakan penyanyi asal Kubu Raya.

Pada pelaksanaan MTQ itu, Pemkab Kubu Raya juga telah menyiapkam sebanyak 160 stand UMKM secara gratis, dan ada sebanyak 48 stand SKPD dan pihak ketiga hingga pawai Ta’aruf.

“Awalnya Stand UMKM ini kami siapkan sebanyak 130, karena animo masyarakat cukup tinggi, maka stand UMKM kami tambah lagi menjadi 160,” ungkapnya. (lam/jek/lis/sut)