Senin, 23 September 2019


Awal 2017, RSUD Kubu Raya Dibangun

Editor:

sutan

    |     Pembaca: 1607
Awal 2017, RSUD Kubu Raya Dibangun

ILUSTRASI (jogjaid.com)

KUBU RAYA, SP – Pemkab akan mempercepat pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kubu Raya. Rencananya akan dimulai awal tahun 2017 mendatang. Pembangunan akan dilakukan di atas lahan milik Pemprov Kalbar,  di Kecamatan Rasau Jaya melalui sistim pinjam pakai.

"Pembangunan rumah sakit perlu segera dilakukan. Sistem pinjam pakai lahan untuk pembangunan tidak menjadi masalah, intinya kita mendorong pembangunan rumah sakit sesegera mungkin,” kata Hermanus, Wakil Bupati Kubu Raya, kemarin.

Hermanus mengungkapkan persiapan pembangunan mulai dirintis sejak tahun 2015, seperti studi kelayakan dan perencanaan teknis. Sedangkan dananya bersumber dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

 "Pembangunannya nanti akan dilakukan secara bertahap. Walaupun kami belum mendapat informasi berapa anggaran pastinya," ujar Hermanus.

Pembangunan rumah sakit, perlu disegerakan guna menunjang pemerintah daerah memberikan peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat, mengingat Kubu Raya memiliki wilayah yang luas dan jumlah penduduk yang terus bertambah.

 
Untuk tenaga medis yang nantinya akan ditempatkan keseluruhannya, berasal dari tenaga medis yang ada di Kubu Raya. "Tenaga kesehatan kita memang masih kurang, untuk penempatan tenaga medis di rumah sakit akan kami lakukan pendataan, berapa yang diperlukan,” jelas Hermanus.

Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya, Berli Hamdani mengatakan, untuk memenuhi pembangunan rumah sakit tipe D di Kubu Raya, dana yang harus dikeluarkan berkisar hingga Rp30 miliar.

 
“Diperkirakan sebesar Rp20 miliar untuk pembangunan fisik atau infrastruktur, dan Rp10 miliar untuk kebutuhan peralatan rumah sakit," kata Berli.

Berli mengharapkan pembangunan RSUD Kubu Raya segera dilakukan guna peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat. "Saya yakin dengan adanya dukungan sejumlah pihak terkait awal tahun 2017 pembangunan tahap awal rumah sakit itu sudah dapat dilaksanakan," pungkas Berli. (jek/jee/sut)