3.038 Pasukan TNI dan Polri ke Lokasi SSK 2016 Kayong Utara

Kubu Raya

Editor sutan Dibaca : 742

3.038 Pasukan TNI dan Polri ke Lokasi SSK 2016 Kayong Utara
Pangdam XII Tanjungpura Mayjen TNI Andika Perkasa, Kapolda Kalbar Irjen Pol Musyafak, Pangdam XII Tanjungpura Mayjen TNI Andika Perkasa dan Danlanud Supadio Marsekal Pertama Tatang Harlyansyah saat memeriksa kendaraan di Makodam XII Tanjungpura. (SUARA
KUBU RAYA, SP- Pangdam XII Tanjungpura Mayjen TNI Andika Perkasa, Kapolda Kalbar Irjen Pol  Musyafak dan Danlanud Supadio Marsekal Pertama Tatang Harlyansyah, melepas 3.308 pasukan TNI dan Polri yang akan mengamankan Sail Selat Karimata 2016 Kayong Utara. Acara pelepasan digelar  di halaman Makodam XII Tanjungpura, Senin (10/10) pagi.

Kapolda Kalbar Irjen Pol Musyafak mengatakan bahwa jumlah sarana dan prasarana transportasi kepolisian yang akan digeser melalui darat dan laut antara lain, kendaraan roda enam 22 unit, truk 7  unit, Barracuda 7 unit,   Mobil VIS 1 unit, Mobil Boks 6 unit,  derek 1 unit, kendaraan roda empat 23 unit,  Mobil APC 2 unit dan double cabin 7 unit, sedan 12 unit serta 2 mobil penerangan keliling.

Untuk mempercepat mobilisasi pasukan,   akan dikerahkan 56 unit sepeda motor terdiri dari  Motor Trail Brimob 30 unit, motor Trail  Sabhara 20 personil dan motor besar 6 unit.
"Kesemuanya itu akan digeser ke Kayong Utara agar pelaksanaan Sail Selat Karimata benar-benar sukses," kata Kapolda Kalbar .


 Menurut Kapolda, Sail Selat Karimata hanya lokasinya di Kabupaten Kayong Utara tetapi sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat setempat.
Oleh karenanya lanjut Kapolda, sebagai bagian dari warga Kalimantan Barat harus mendukung kegiatan ini , dengan tertib di jalan, santun dan ramah dalam menerima tamu dari manca negara.

Dijadwalkan Presiden Joko Widodo bersama ibu negara juga akan hadir membuka acara tersebut, sekaligus akan melakukan kegiatan dengan masyarakat di Kayong Utara.

Sementara itu,  kendaraan dari Kodam XII Tanjungpura yang digeser ke Kayong Utara antara lain truk 12 unit, truk kecil 17 unit, kendaraan tempur 4 unit,  satu unit jihandak, satu unit Dum Truck , dua unit mini bus , 3 unit kendaraan logistik, satu tangki iir, 6 unit  Strada.
"Semuanya sudah diberangkatkan, karena fery yang digunakan untuk penyeberangan sangat terbatas." pungkas Kapolda. (ang/sut)