Minggu, 15 Desember 2019


Pemkab Anggarkan Rp 14,7 Miliar Untuk Jaringan Listrik 3 Desa

Editor:

sutan

    |     Pembaca: 1029
Pemkab Anggarkan Rp 14,7 Miliar Untuk Jaringan Listrik 3 Desa

Ilustrasi

KUBU RAYA, SP – Pemkab Kubu Raya akan menggelontorkan dana mencapai Rp 14,7 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2017, untuk pengadaan jaringan listrik di Desa Sumber Agung, Sungai Kerawang, dan Desa Muara Tiga di Kecamatan  Batu Ampar.  

Dalam pengerjaannya, Pemkab bekerjasama dengan PLN Wilayah Kalimantan Barat menyiapkan tenaga listrik, rencananya juga akan tersambung hingga ke Kabupaten Kayong Utara.   Guna mempercepat realisasi pengerjaan, Pemkab Kubu Raya berharap masyarakat setempat mengikhlaskan, dan tidak meminta ganti rugi, apabila ada lahan mapun tanaman mereka yang terkena proyek pengerjaan.  

"Dan jika sudah ada listrik, pergunakan dengan bijak. Jangan seenaknya saja menggunakan listrik sehingga menjadi mubazir," kata Bupati Kubu Raya, Rusman Ali.  

Kepala Desa Sumber Agung, Arifin Noor Aziz mengatakan, masyarakat tentunya sangat senang rencana pengadaan aliran listrik di wilayah mereka. Apalagi masyarakat di wilayah tersebut sudah hampir 30 tahun tidak teraliri listrik dari PT PLN.

"Selama ini masyarakat di sana hanya mengandalkan lentera atau mesin genset, saat malam hari," ujarnya.  

Menurutnya,  jika rencana tersebut teralisasi tentunya  akan berdampak meningkatkan perekonomian masyarakat dan sumber daya manusia (SDM).    

Sementara itu,  Kepala Desa Sungai Kerawang, Antomia  mengungkapkan adanya jaringan listrik, dapat membantu biaya pengeluaran masyarakat  membeli  solar untuk mesin genset.
 

"Dalam semalam untuk menghidupkan mesin genset menghabiskan solar minimal dua liter liter," ungkap Antonia.  (jek/jee)

Baca Juga:
Ditinggal Burung Walet, APW Kota Singkawang Bubar 
Kecelakaan di Jalan Raya Nusapati, Dua Pengendara Motor Tewas
Tabrakan Motor, Satu Orang Tewas Seketika