Senin, 23 September 2019


Bawa Kayu Ilegal, RA Diamankan Jatanras Polresta Pontianak

Editor:

Admin

    |     Pembaca: 770
Bawa Kayu Ilegal, RA Diamankan Jatanras Polresta Pontianak

AMANKAN – Polisi saat mengamankan barang bukti kayu jenis Mengkirai dan Meranti di Parit Masegi, Sungai Ambawang, Selasa (2/5). (ISTIMEWA)

KUBU RAYA, SP - Anggota Unit Tindak Pidana Tertentu, Satreskrim Polresta Pontianak menahan satu orang inisial RA karena telah membawa kayu ilegal, alias tak berdokumen resmi, Selasa (2/5).

Kasat Reskrim Polresta Pontianak Kompol Muhammad Husni Ramli mengatakan, tersangka RA sebelum ditahan kedapatan melintas di Jalan Trans Kalimantan, tepatnya di Parit Masegi Sungai Ambawang saat membawa kayu jenis Mengkirai dan Meranti dengan menggunakan mobil picup.

Anggota yang sedang berada di lapangan menaruh curiga melihat mobil picup yang penuh muatan kayu tersebut melintas ke arah Pontianak. Kecurigaan itu lantas direspon dengan menghentikan mobil tersebut untuk diperiksa kelengkapan dokumennya.

"Selanjutnya, setelah di periksa, sang pembawa kayu inisial RA ini tak bisa menunjukkan dokumennya. Akhirnya, RA dan satu unit picup nya yang bermuatan kayu tersebut terpaksa diamankan,"kata Kasat Reskrim Polresta Pontianak, Kompol Muhammad Husni Ramli, Selasa (2/5)

Husni menjelaskan, berdasarkan pengakuan tersangka RA, kayu tersebut dibeli dari Desa Labai Kecamatan Simpang Hulu, Kabupaten Ketapang. Jumlahnya mencapai 248 batang.

"Tersangka akan membawa kayu meranti dan mengkirai tanpa dokumen tersebut ke maubel di Pontianak untuk dijual kembali," jelasnya.

Husni menegaskan, tersangka yang tidak mengantongi dokumen kayu tersebut telah melanggar pasal 83 ayat 1 huruf b UU NOmor 18 Tahun 2013, tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan. (and/jee)


 


  •