Bupati Minta Anggota BPD Diminta Bekerja Ikhlas

Kubu Raya

Editor Kiwi Dibaca : 1004

Bupati Minta Anggota BPD Diminta Bekerja Ikhlas
ilustrasi
KUBU RAYA, SP - Badan Permusyawaratab Desa (BPD) di Kubu Raya diminta bekerja sama dengan kepala desa untuk melaksanakan pembangunan tingkat desa "Terlebih saat ini anggaran desa yang dialokasikan melalui ADD dan Dana Desa semakin besar lebih dari Rp2 miliar," kata Bupati Kubu Raya, Rusman Ali usai melantik sembilan anggota BPD, Sungai Raya Dalam, Kecamatan Sungai Raya masa bakti 2017-2023, di Kantor Desa Sungai Raya Dalam, belum lama ini.

Meskipun terbilang besar, namun menurut Rusman Ali, anggaran yang diperoleh pemerintah desa tentunya tidak dapat memenuhi semua pembangunan yang diinginkan. Karena itu diperlukan peran BPD dan pemerintah desa melakukan kerja sama dalam memaksimalkan pengolahan.

“Artinya bisa melakukan pembangunan dengan skala prioritas dan mengacu pada azas manfaat untuk masyarakat desa,” jelasnya. Rusman Ali juga meminta anggota BPD untuk ikhlas dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. “Apapun yang dijalani laksanakan dengan ikhlas, semuanya akan terasa ringan,” tuturnya.

Sementara, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMD) Kubu Raya, Nursyam Ibrahim mengatakan, BPD merupakan penyeimbang desa melakukan pembangunan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa “Peran BPD berfungsi sama dengan legislatif dalam peran memberikan masukan arahan dan pendapat dalam peran serta membangun desa,” jelasnya.

Anggota BPD Desa Sungai Raya Dalam, Robby mengatakan, BPD adalah mitra kepala desa. Karena itu, BPD Sungai Raya Dalam akan bekerja sesuai tugas pokok dan fungsinya. "Salah satu tupoksi BPD adalah pengawasan. Tentunya pengawasan yang dilakukan sebagai monitoring dan evaluasi. Jika ada permasalahan maka yang dicari adalah solusi,” jelasnya. (jek/jee)