Senin, 23 September 2019


BKKBN Luncurkan Pojok Kependudukan

Editor:

Kiwi

    |     Pembaca: 1254
BKKBN Luncurkan Pojok Kependudukan

Kampung KB - Kepala Perwakilan BKKBN Kalbar, Kusmana foto bersama warga saat pencanangan Kampung KB di Kelurahan Dalam Bugis, Kecamatan Pontianak Timur.

KUBU RAYA, SP – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalbar meluncurkan Pojok Kependudukan di Desa Limbung, Kecamatan Sungai Raya. Pojok Kependudukan tersebut nantinya akan menjadi pusat informasi terkait kependudukan di desa tersebut.

"Pojok Kependudukan ini yang pertama di Indonesia, dan juga disandingkan dengan program Kampung KB oleh BKKBN Kalbar," kata Deputi Pengendalian Penduduk BKKBN Wendy Hartanto, Selasa (6/6).

Ia menjelaskan, Pojok Kependudukan yang diluncurkan di Desa Limbung juga merupakan yang pertama di Indonesia.

"Bila di sekolah formal membentuk Pojok Kependudukan itu kan mudah. Namun bila di desa, perlu adanya inovasi-inovasi agar Pojok Kependudukan tetap dapat hidup dan bermanfaat bagi masyarakat setempat," ungkapnya.

Dia berharap kepada para remaja desa yang penuh inovasi-inovasi itu dapat mengisi dan mengelola Pojok Kependudukan yang baru saja diluncurkan tersebut.

Kepala Perwakilan BKKBN Kalbar, Kusmana menambahkan, pembentukan Pojok Kependudukan di tingkat desa bertujuan mendukung kemajuan program Kampung KB yang ada Desa Limbung.

"Terbentuknya Pojok Kependudukan ini kerja sama semua pihak. Kami bersama pihak desa, Pemda Kubu Raya, Kodam XII Tanjungpura, masyarakat dan para remaja, sehingga terbentuknya Pojok Kependudukan tersebut," ujarnya.

Ia berharap Pojok Kependudukan itu benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat setempat.

"Pojok Kependudukan itu bisa dijadikan untuk mendata penduduk, kekayaan dan potensi alam agar dapat diberdayakan bagi kesehteraan masyarakat setempat," katanya. (ant/jee)