Hermanus Lantik Kepala Desa Antar Waktu

Kubu Raya

Editor Kiwi Dibaca : 501

Hermanus Lantik Kepala Desa Antar Waktu
Sumpah Jabatan – Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus saat membacakan sumpah jabatan kepala desa dalam acara pelantikan Kepala Desa Antar Waktu di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, Kamis (15/6).
KUBU RAYA, SP- Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus melantik Kepala Desa Antar Waktu, Desa Padang Tikar Satu, Kecamatan Batu Ampar, Kubu Raya periode 2017-2019 di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, Kamis (15/6). Kepala desa yang dilantik ialah Mujahidin yang  menggantikan kepala desa sebelumnya, Heri Sapiandy karena meninggal dunia. Dalam acara pelantikan, Hermanus berharap kepala desa yang dilantik dapat melanjutkan program pembangunan desa yang sebelumnya telah dilakukan.

"Tugas kades tentu tidak mudah, karena harus dapat memimpin dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, untuk itu pahami betul masyarakat, " kata Hermanus.

Menurut Hermanus, sisa jabatan Kepala Desa Padang Tikar Satu selama dua tahun harus dimanfaatkan dan dilaksanakan sesuai dengan aturan dan perundang-undangan.
"Kepala desa juga mempunyai tugas mempersiapkan pemilihan kepala desa periode 2019-2024, dan kepala desa juga harus mempercepat penyusunan Perdes dan ABPDes," kata Hermanus mengingatkan.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kubu Raya, Nursyam Ibrahim mengungkapkan, mekanisme pemilihan kepala desa antar waktu yakni dilakukan dengan musyawarah desa dan melibatkan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Dusun, RW, RT serta tokoh masyarakat setempat.


"Jika lebih dari tiga calon, maka harus dilakukan tes dan seleksi agar terpilih tiga calon," jelasnya.
Setelah ada tiga calon, lanjut Nursyam, mekanisme selanjutnya diserahkan ke desa dan kemudian dilakukan musyawarah kembali untuk menetapkan satu orang sebagai kepala desa.

"Selain meninggal dunia, pergantian antar waktu ini bisa dilakukan jika kades diberhentikan atau mengundurkan diri," pungkas Nursyam. (jek/jee)