Rabu, 18 September 2019


Rusman Ali Buka MTQ di Desa Nipah

Editor:

Kiwi

    |     Pembaca: 1423
Rusman Ali Buka MTQ di Desa Nipah

ilustrasi

KUBU RAYA, SP- Bupati Kubu Raya, Rusman Ali membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kecamatan Batu Ampar yang dipusatkan di Desa Nipah Panjang, Kecamatan Batu Ampar, Rabu (12/7) malam. Dalam kesempatan tersebut, Rusman Ali mengatakan, MTQ merupakan ajang menggali potensi diri dibidang ilmu keagamaan. Di samping itu MTQ juga sekaligus sebagai sarana untuk memasyarakatkan Alquran.

"Yang paling penting dalam MTQ adalah bagaimana setiap umat Islam dapat memahami dan menjadikan Quran sebagai pedoman hidup dalam kehidupan sehari-sehari," ujar Rusman Ali. MTQ di Kecamatan Batu Ampar diharapkan juga sebagai ajang melahirkan Qori dan Qoriah terbaik di Kabupaten Kubu Raya dan menghasilkan generasi Quran yang tidak hanya sekedar hapal Alquran melainkan juga mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

 "Ini juga sekaligus sarana memasyarakatkan Alquran. Sebab selama kegiatan berlangsung, masyarakat akan banyak yang menyaksikan. Barangkali ada masyarakat yang belum akrab nantinya akan semakin dekat dengan Alquran," harap Rusman Ali.

Melalui ajang MTQ, Rusman Ali berharap dapat menjadi sarana untuk mendekarkan diri kepada Allah sang pencipta, dan mengambil nilai religus sebagai sarana dan modal dasar membangun kehidupan bersama di masyarakat. "MTQ hendaknya dapat dijadikan sebagai motivasi dalam menjunjung nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan bersama di masyarakat. Sekaligus sebagai ajang kompetisi yang positif dan membangun silaturahmi antar kontingen," tutur Rusman Ali.

Ketua LPTQ Kecamatan Batu Ampar, Alfian menuturkan, MTQ yang digelar juga merupakan persiapan untuk menyiapkan Qori dan Qoriah Batu Ampar pada MTQ Kubu Raya ke-V yang dilangsungkan September mendatang di Padang Tikar.

"Kita harapkan bisa menghasilkan Qori dan Qoriah yang profesional sebagai persiapan mengikuti MTQ Kubu Raya ke-V yang diperkirakan pada September dan Oktober 2017 di Padang Tikar. Kita berharap MTQ Kecamatan ini berjalan lancar, aman dan sukes," harap Alfian. (jek/jee)