Minggu, 17 November 2019


Pemkab Alokasikan Anggaran Perbaikan Jembatan Ambruk

Editor:

kurniawan bernhard

    |     Pembaca: 706
Pemkab Alokasikan Anggaran Perbaikan Jembatan Ambruk

Ilustrasi

KUBU RAYA, SP – Perbaikan jembatan yang ambruk di Dusun Tanjung Wangi, Desa Rasau Jaya Dua, Kecamatan Rasau Jaya yang ambruk karena arus deras sungai yang ada di bawah jembatan, akan menggunakan anggaran dana dari Unit Perbaikan Jalan dan Jembatan (UPJJ) di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kubu Raya.

"Kami sudah koordinasikan ke bupati, agar segera ditindak lanjuti. Dan pemerintah akan segera mengerjakannya melalui dana UPJJ, bentuknya belum tahu, apakah jembatan darurat atau pembangunan yang baru," ujar Ketua DPRD Kubu Raya, Bambang Ganefo Putra, Jumat (18/8).
 
Kondisi jembatan di Kubu Raya saat ini cukup banyak yang memperihatinkan dan perlu dilakukan perbaikan agar peristiwa jembatan ambruk tidak kembali terulang.

"Di Rasau Jaya sudah ada beberapa jembatan roboh, hanyut, dan miring," kata Bambang.

Jembatan yang ambruk ini, kata Bambang usianya memang cukup tua, yakni dibangun pada waktu program transmigrasi, sebelum terbentuknya Kabupaten Kubu Raya sehingga kondisi rawan ambruk atau roboh.

"Pada tahun 2014 memang pernah direhab, yang awalnya berlantai kayu kemudian dicor," ujarnya.  

Jika keuangan daerah mencukupi maka diperlukan pembangunan jembatan dirancang khusus yang benar-benar kokoh.

“Alangkah baiknya ke depannya bangunan jembatan menggunakan besi yang kokoh,” harap Bambang.

Bambang juga mengimbau kepada masyarakat untuk turut menjaga dan merawat jembatan yang dibangun Pemkab Kubu Raya, dengan cara gotong royong membersihkan sampah atau rumput yang ada di sungai. 

"Masyarakat jangan hanya mengharapkan dari pemerintah, harus juga ikut serta menjaganya," pungkasnya. (jek/jee)


  •