KPUD Kubu Raya Buka Pendaftaran Pilkada Bulan Desembar

Kubu Raya

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 535

KPUD Kubu Raya Buka Pendaftaran Pilkada Bulan Desembar
Ilustrasi
KUBU RAYA, SP - Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kubu Raya, Gustiar menyebutkan tahapan maupun proses pendaftaran bupati dan wakil bupati akan digelar pertengahan bulan Desember 2017 mendatang. Sedangkan untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) sendiri akan dilaksanakan pada tahun 2018.

“Bagi pasangan calon yang mendaftar melalui jalur parati politik, ketentuan mengacu pada PKPU Nomor 03 Tahun 2017 tentang Pencalonan,” ujar Gustiar di Sungai Raya belum lama ini.

Dia menjelaskan, calon yang mendaftar melalui jalur Parpol dengan ketentuan partai politik atau gabungan parpol (koalisi) bisa mengusung bakal calon dengan jumlah kursi di DPRD minimal sembilan kursi .

“Ada 45 kursi di DPRD Kubu Raya. 45 kursi ini  dikali 20 persen, didapatkanlah sembilan kursi. Sembilan kursi inilah yang menjadi syarat minimal,” ujarnya

Sedangkan untuk jalur independen atau perseorangan mesti didukung minimal 34.974 dukungan. Jumlah ini menurutnya ekuivalen dengan 8,5 persen dari total jumlah pemilih yang ada di Kubu Raya dengan dibuktikan oleh fotocopy KTP elektronik atau surat keterangan perekaman data kependudukan. Untuk kemudian dilakukan verifikasi faktual terkait dukungan itu.

"Jumlah dukungan dari jumlah DPT pemilu terakhir, yakni Pemilu Presiden berjumlah 411.450 jiwa, dikali 8,5 persen, dapatlah angka itu," tuturnya.

Terkait hal itu pihaknya bakal mensosialisasikannya kepada masyarakat.  Sehingga masyarakat memahami segala regulasi yang terkait Pilkada KKR kali ini, termasuk soal persyaratan pencalonan.  Untuk itu  ia meminta partisipasi dari masyarakat, agar dapat  memastikan diri terdaftar sebagai pemilih. Yakni dengan memastikan tiap individu telah terdaftar di Dinas Kependudukan Kubu Raya. 

Untuk Pilkada tahun ini ditargetkan partisipasi masyarakat berada di atas angka 75 persen dari total DPT. Diharap masyarakat yang belum rekam e-KTP untuk sesegera mungkin laksanakan perekaman baik di kecamatan atau catatan sipil. 

“Sebab syarat untuk memilih saat ini yang pertama adalah telah berusia minimal 17 tahun," ujarnya 

Ia juga mengajak masyarakat khususnya masyarakat Kubu Raya untuk  berpartisipasi aktif turut mesukseskan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kubu Raya pada 2018 mendatang . Saat ini tahapan Pilkadamasih dalam tahap sosialisasi. Dan KPU Kubu Raya sedang menggencarkan sosialisasi. Termasuk untuk  pembentukan perangkat pemilu mulai dari Panitia Pemilhan Kecamatan (PPK) hingga Panitia Pemungutan Suara (PPS).

“Pembentukan PPK dan PPS direncanakan dimulai pada12 Oktober sampai 11 November 2017 nanti,” ujarnya.

Pihaknya juga sedang gencar-gencarnya mensosialisasi kapada pemilih pemula. Terutama kepada pelajar SMA yang sudah memiliki hak menggunakan hak pilihnya dengan usia 17 tahun. (jek/ang)

Komentar