Hermanus: Persiapan Bonus Demografi Tahun 2020

Kubu Raya

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 368

Hermanus: Persiapan Bonus Demografi Tahun 2020
BERI BANTUAN - Wakil Bupati Kubu Raya Hermanus memberikan perlengkapan sekolah kepada anak saat membuka Kegiatan Pencanangan Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan dan Kampung KB di Desa Pasak, Kecamatan Sungai Ambawang, Selasa (26/9). SP/Jaka

Desa Pasak jadi Kampung KB


Wakil Bupati Kubu Raya Hermanus meresmikan Pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan dan Kampung Keluarga Berencana (KB) di Desa Pasak, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya,  Selasa (26/9).

SP - Menurut Hermanus, kegiatan ini memiliki tujuan untuk mempersiapkan lonjakan angka jumlah penduduk di Kubu Raya 2020-2030 mendatang.

Untuk itulah, pemerintah meminta kepada daerah tingkat provinsi dan kabupaten mendukung dalam menyukseskan Kampung KB sesuai dengan surat edaran Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 440/JO/SJ bulan Januari 2016.

"Hal ini agar bisa menyukseskan pelaksanaan pencanangan Kampung KB. Begitu juga dengan pencanangan Kampung KB
Kabupaten Kubu Raya sebagai salah satu agenda kegiatan dalam rangka percepatan pembangunan kependudukan dan keluarga berencana," kata Hermanus.

Dirinya mengharapkan adanya keterlibatan semua dinas/instansi untuk mengarahkan program dan kegiatan di Desa Pasak dan desa-desa yang telah ditetapkan sebagai Kampung KB.

Sebab walaupun namanya kampung keluarga berencana, namun bukan berarti hanya BKKBN dan organisasi perangkat daerah (OPD) Kubu Raya saja yang terlibat dalam penyelenggaraan agenda ini.

"Kampung KB ini merupakan miniatur dari upaya untuk membantu keluarga di dalam perencana kehidupan berkeluarga,” ucapnya.

Kampung KB ini harus diselenggarakan bersama-sama secara sinergis dan terpadu oleh para lintas sektoral (pemerintah, swasta dan masyarakat). 

Makanya ia meminta kepada seluruh masyarakat untuk segera mengambil peran sesuai tugas fungsi dan peran masing-masing dalam melaksanakan Kampung KB.

"Mari kita semua bersatu membangun Kubu Raya melalui tekad semangat dan upaya nyata yang dilakukan melalui Kampung KB," paparnya.

Kubu Raya ke dapan akan memiliki pertumbuhan masyarakat cukup besar. Pertumbuhan penduduk di Kabupaten Kubu Raya saat ini mencapai 1,2 persen.

Sehingga puncaknya tahun 2020-2030 Kabupaten Kubu Raya akan memasuki bonus demografi yang artinya tiga tahun sampai dengan 15 tahun yang akan datang  penduduk dengan umur produktif jumlahnya sangat besar.

"Sehingga menjadi tantangan besar bagi daerah untuk menyiapkan lapangan pekerjaan. Kaitannya dalam hal ini merencanakan angka kelahiran," pungkasnya. (jaka iswara/ang)

Komentar