Perusahaan Dituding Minim Libatkan Pekerja Lokal

Kubu Raya

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 519

Perusahaan Dituding Minim Libatkan Pekerja Lokal
Ilustrasi
KUBU RAYA, SP – Di Kabupaten Kubu Raya masih terdapat cukup banyak penggangguran, untuk itu DPRD mengingatkan perusahaan yang beroperasi di daerah tersebut dapat memprioritaskan dan mengakomodir warga setempat yang belum memiliki pekerjaan.

Ketua Komisi IV DPRD Kubu Raya, Yuslanik menilai, sejauh ini perusahaan-perusahaan yang ada di Kubu Raya belum maksimal dalam mengakomodir warga sebagai pekerja.

"Kita lihat saja seperti perusahaan perkebunan sawit yang ada di Kecamatan Kubu masih belum bisa maksimal mengakomodir warga setempat, seharusnya mereka bisa memprioritaskan warga setempat, setelah terakomodir warga setempat barulah merekrut pekerja dari luar," kata Yuslanik, Jumat (29/9). 

Menurut dia jika perusahaan dapat memprioritaskan warga Kubu Raya, terutama warga yang tinggal dis ekitar perusahaan tentunya hal ini dapat menekan dan menimalisir angka pengangguran.

"Jika angka pengangguran sudah dapat ditekan, tentunya juga akan berdampak pada peningkatan ekonomi warga," ujarnya.  

Selain itu pemerintah daerah melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kubu Raya, juga harus berperan aktif, untuk melihat kondisi warga, terutama yang tidak memiliki pekerjaan. 

"Jangan hanya berdasarkan data warga yang mendaftar dan mengurus kartu pencari kerja saja.Lakukan jemput bola, karena faktanya masih cukup banyak warga yang tidak memiliki pekerjaan," ujarnya. 

Selain itu, ia juga meminta dinas terkait untuk melakukan pengawasan terhadap perusahaan-perusahaan, dalam mengakomodir tenaga kerja yang berasal dari Kubu Raya sendiri.

"Bukan berarti kita alergi dengan tenaga kerja yang berasal dari luar, namun warga Kubu Raya sendiri masih banyak membutuhkan pekerjaan," tegasnya. 

Ia menegaskan, jika tenaga warga Kubu Raya sudah diprioritaskan untuk menjadi pekerja pada perusahaan yang beroperasi di Kubu Raya, maka diyakini kondisi investasi juga akan kondusif dan berdampak positif, gejolak sosial juga akan terminimalisir. 

Sebelumnya, Bupati Kubu Raya Rusman Ali mengaku sangat mendukung semakin banyaknya investasi yang masuk. Hal itu disampaikan Rusman Ali saat meresmikan Pabrik Kelapa Sawit di Kecamatan Batu Ampar, belum lama ini.

Kehadiran investasi seperti pabrik dan lain sebagainya akan berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi Kubu Raya dan sekitarnya.

Dia mengatakan, dengan beroperasinya pabrik pengolahan kelapa sawit miliki PT Fajar Saudara Lestari ini akan berdampak baik pada penyerapan tenaga kerja di daerah sekitar pabrik, sehingga roda perekonomian dapat tumbuh dengan cepat dan meningkatkan daya saing Kabupaten Kubu Raya terhadap daerah lain di Kalimantan.

“Ini adalah peluang yang sangat baik, bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat disekitarnya, peluang bagi terbukanya lapangan pekerjaan yang besar bagi masyarakat sekitar,” ujar Rusman Ali.

Rusman Ali mengharapkan pabrik kelapa sawit tersebut dapat membawa dampak positif bagi perekonomian masyarakat di sekitarnya. Dapat membangun masyarakat sekitarnya melalui program CSR milik perusahaan. (jek/ang)