Beraneka Ragam, 67 dari 202 Jenis Mangrove Ada di Kubu Raya

Kubu Raya

Editor K Balasa Dibaca : 402

Beraneka Ragam, 67 dari 202 Jenis Mangrove Ada di Kubu Raya
Foto mangrove. (net)
PONTIANAK, SP - Sebanyak 67 dari 202 jenis mangrove di Indonesia hidup di Kabupaten Kubu Raya. Direktur Sampan Kalimantan, Dede Purwansyah mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan mengekpsos hasil identifikasi jenis tumbuhan mangrove yang ada di hutan bentang pesisir Padang Tikar, Kubu Raya.

Alasannya apalagi kalau bukan untuk menggalang dukungan para pihak dalam  menjaga serta mengoptimalkan hutan mangrove secara lestari dan berkelanjutan.

Dede merinci di Indonesia, 202 jenis mangrove terdiri dari 89 jenis pohon, lima jenis palma, 19 jenis pemanjat, 44 jenis herba tanah, 44 jenis epifit, dan sejenis jenis paku.

Dari 202 jenis mangrove itu, dari hasil identifikasi ada 67 jenis mangrove hidup di Kubu Raya. Dari 67 itu, 33 spesies mangrove sejati dan 34 spesies mangrove ikutan.

Jumlah ini lebih banyak dibandingkan 50 spesies mangrove yang dilaporkan sebelumnya oleh UNEP dan IMReD 2004 lalu, yakni 23 spesies mangrove sejati, delapan spesies mangrove ikutan dan 19 spesies ecotone dan terresteriel.

Secara keseluruhan, hutan mangrove Bentang Pesisir Padang Tikar merepresentasikan 76,7 persen dari total mangrove sejati di Indonesia, dan 22 persen dari total mangrove ikutan se Indonesia.

Dede ingin, hasil temuan identifikasi yang dilakukan ini bisa menjadikan Kubu Raya bisa jadi mega biodiversity di Indonesia yang berguna sebagai laboratorium alam dan kekayaan hayati wilayah pesisir Kalbar. (bls)