Sabtu, 07 Desember 2019


Masyarakat Kubu Raya Diminta Waspada Wabah DBD

Editor:

kurniawan bernhard

    |     Pembaca: 542
Masyarakat Kubu Raya Diminta Waspada Wabah DBD

Ilustrasi. Net

KUBU RAYA, SP - Memasuki musim penghujan, kasus Demam Berdarah Dangue (DBD) pun mulai bermunculan. Bulan November ini, Dinas Kesehatan Kubu Raya mencatat terdapat enam kasus DBD yang telah ditangani. 

Untuk mengantisipasi supaya penyebaran DBD tak meluas di musim panca roba tersebut, Dinkes Kubu Raya pun berkoordinasi dengan seluruh Puskesmas terutama di wilayah yang dianggap rawan kasus DBD.

Seperti di wilayah Puskesmas Sungai Durian, Puskesmas Sungai Raya Dalam, Puskesmas Korpri, Puskesmas Ambawang, Puskesmas Kakap dan Puskesmas Rasau Jaya. 

"Puskesmas di wilayah tersebut memang setiap tahun kasus DBD nya tinggi,” kata Berli, Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya, Rabu (22/11).

Di musim penghujan ini Berli mengignatkan agar pihak Puskesmas gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk melakukan pencegahan kembang biak jentik-jentik.

"Dalam melakukan pencegahan DBD, peran masyarakat dalam menjaga lingkungan yang sehat juga sangat diperlukan," katanya.

Dia pun meminta agar masyarakat aktif dalam melaporkan kasus DBD di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing. "Kalau ada kasus DPD di lingkungan tempat tinggal masing-masing, maka cepat laporkan ke Puskesmas setempat," imbaunya. 

Kepala Puskesmas Rasau Jaya, Wulyono mengungkapkan, di bulan November ini, data kasus DBD yang masuk ke Puskesmas tercatat sebanyak dua kasus. 

"Dua kasus ini sudah bisa kita tangani,"katanya.

Dia pun mengatakan, dalam mengantisipasi DBD dimusim penghujan ini, pihaknya telah melakukan sosialisasi ke masyarakat agar membersihakan lingkungan  tempat tinggal.

"Saya juga sudah sampaikan ke para RT, jika ada kasus DBD di wilayahnya masing-masing agar cepat melapor ke kami. Supaya kami juga bisa melakukan fogging dan menabur Abate di tempat yang terdapat kasus DBD tersebut," katanya.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kubu Raya, ada pun jumlah kasus DBD dari Januari hingga November ini yakni berjumlah 107 kasus.  Kecamatan Sungai Raya merupakan wilayah tertinggi kasus DBD sepanjang Januari hingga November ini. (abd/ang)