Warga Minta Rusman Ali Maju

Kubu Raya

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 498

Warga Minta Rusman Ali Maju
AKSI - Massa relawan Rusman Ali berjumlah ribuan orang mendatangi Kantor Bupati Kubu Raya, Rabu (29/11). Kegiatan aksi kali ini tak banyak orasi politik yang disampaikan. Berbeda dengan aksi-aksi biasanya. (SP/Abdul)

Gelar Salawat di Depan Kantor Bupati


Agus Suandi, Koordinator Aksi
"Pikirkan kami juga. Jujur ini bukan politis. Fakta jalan poros itu bukan dongeng. Fakta beliau mengangkat derajat guru ngaji, fardu kipayah, termasuk Rt, termasuk 13 progam yang dikampanyekan beliau sekarang dibuktikan. Itu kita rasakan. Bukan dongeng, bukan fitnah,"

KUBU RAYA, SP
- Ribuan massa relawan Rusman Ali (RA) kembali menggelar aksi damai di Halaman Kantor Bupati Kubu Raya, Rabu (29/11). Aksi itu pun diwarnai dengan gema lantunan salawat yang dikumandangkan oleh sejumlah orator.

Kegiatan aksi kali ini tak banyak orasi politik yang disampaikan. Berbeda dengan aksi-aksi biasanya. Puncaknya yakni pembacaan pernyataan sikap dukungan untuk  RA agar tetap mencalonkan diri sebagai bakal calon bupati pada Pilkada serentak 2018. 

"Kami siap mendukung, mensosilaisaiskan dan memenangkan Rusman Ali pada Pilkada serentak 2018. Kami masyarakat senantiasa mendoakan Rusman Ali diberi kesehatan lahir dan batin untuk memimpin Kubu Raya kembali," demikian pernyataan sikap yang dibacakan secara seksama oleh para relawan yang hadir dalam aksi damai tersebut.

Namun kali ini RA tak hadir menemui ribuan simpatisannya karena sedang bertugas ke luar kota. "Pak Rusaman Ali sedang serada di Gorontalo," kata Wakil Bupati Hermanus, mewakili Rusman Ali saat menemui ribuan relawan tersebut. 

Hermanus pun berjanji akan menyampaikan aspirasi para relawan tersebut ke Rusman Ali. "Saya akan menyampaikan sikap masyarakat yang menghendaki agar Rusman Ali melanjutkan kembali untuk mencalonkan diri sebagai calon bupati Kubu Raya kepada Bapak Rusman Ali nanti," katanya.

Mewakili RA, Hermanus mengapresiasi masyarakat yang telah menggelar aksi demai dengan tertib dan kondusif. Selanjutnya perwakilan relawan menyerahkan pernyataan dukungan melalui Wakil Bupati Kubu Raya Hermanus.

Koordinator aksi, Agus Suandi saat diwawancara usai giat aksi tersebut mengklaim bahwa, ribuan massa yang hadir dalam aksi itu bukanlah semata-mata sekelompok orang yang berkepentingan politik. 

"Kami hadir di sini bukan atas nama tim, relawan dan segala macamnya. Tapi atas nama rakyat Kubu Raya yang bersentuhan langsung dengan program beliau (RA). Makanya yang hadir di sini dari semua kalangan etnis dari seluruh kecamatan, dari tua dan muda bersama mendukung Pak Bupati agar beliau merubah keputusannya," kata dia.

"Pikirkan kami juga. Jujur ini bukan politis. Fakta jalan poros itu bukan dongeng. Fakta beliau mengangkat derajat guru ngaji, fardu kipayah, termasuk Rt, termasuk 13 progam yang dikampanyekan beliau sekarang dibuktikan. Itu kita rasakan. Bukan dongeng, bukan fitnah," timpalnya. 

Sebelumnya, kedatangan Bupati Kubu Raya, Rusman Ali dari Jakarta, disambut dengan aksi ratusan relawannya di Bandara Supadio, Kamis (16/11).

Dalam aksinya, mereka hanya menginginkan satu hal, yakni agar Rusman Ali mengurungkan niatnya, tidak ikut bertarung dalam Pilkada Kubu Raya mendatang.
Aksi mereka tak hanya dilakukan di bandara saja, namun berlanjut di Kantor Bupati Kubu Raya.

"Meskipun kabar itu sudah tersiar hingga detik ini kami tidak meyakini bapak Rusman Ali mundur sebagai calon bupati," ujar Toton, satu di antara relawan di hadapan ratusan simpatisan Rusman Ali, di Aula Kantor Bupati.

Kedatangannya bersama ratusan warga, bertujuan mendengarkan langsung pernyataan dan kepastian dari Rusman Ali. Sehingga rumor yang masih belum jelas itu bisa terjawab."Kami yakin informasi ini belum benar, makanya kami ingin mendengar secara langsung," katanya.

Dia mengklaim, KKR di bawah pimpinan Rusman Ali, banyak mengalami kemajuan yang lebih pesat, bahkan masyarakat banyak mendapatkan berkah.

PAN Masih Berharap


Ketua PAN Kubu Raya, Lendeng Syahrani menegaskan, bahwa sampai saat ini partainya masih konsisten mendukung Rusman Ali untuk diusung sebagai bakal calon Bupati Kubu Raya pada Pilkada 2018 nanti. 

"Belaiau (RA) adalah kader PAN. Oleh karena itu PAN tetap mendukung dan berharap beliau mencalonkan kembali sebagai bakal calon bupati dalam Pilkada serentak 2018. Beberapa partai lain juga masih bertahan sampai dengan hari ini. Seperti Golkar, Gerindra PKB tetap meminta. Dan PDI juga," katanya. 

Soal pernyataan Rusman Ali baru-baru ini yang menyatakan secara lisan bahwa 99 persen mundur dari bursa pencalonan, Lendeng pun mengatakan PAN belum mengambil sikap soal itu. 

Dia menerangkan, PAN belum membuat ancang atau pasang kuda kuda kalau-kalau beliau benar-benar tidak maju, dan (PAN) akan melompat kemana? sampai hari ini kita masih sesuai dengan keputusan bahwa calon bupati kita Rusman Ali.

“Sampai saat ini belum berubah. Kalau memang beliau tidak mendaftar, baru kami akan melakukan rapat internal membahas apa yang akan dilalukan kedepannya," tegasnya.

Dia menambahkan, pernyataan RA yang menyatakan mundur dari bursa pencalon tersebut juga telah disampaikan ke DPP PAN. "DPP suda tahu, dan DPP tetap mengingikan beliau tetap maju," tutupnya. (abd/ang)