Senin, 09 Desember 2019


Pilkades Parit Baru Belum Ada Anggaran

Editor:

kurniawan bernhard

    |     Pembaca: 908
Pilkades Parit Baru Belum Ada Anggaran

Ilustrasi. Net

PPKD Minta Sumbangan Para Calon


Ketua PPKD Parit Baru, Bambang Supranoto
"Masalah anggaran ini tentu sangat sangat mengganggu (kerja PPKD). Ini kan bukan pekerjaan gampang,"

KUBU RAYA, SP
- Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) Parit Baru, Kecamatan Sungai Raya, Bambang Supranoto mengatakan, menjelang empat hari pelaksanaan Pilkades, anggaran untuk pembiayaan pelaksanaan di hari pemilihan belum juga diterima.

Sehingga panitia pun terpaksa meminta sumbangan dana talangan kepada para calon. Dia mejelaskan, mestinya anggaran tersebut ditanggung oleh APBDes. 

Namun faktanya, sampai saat ini anggaran itu tak kunjung diberikan. "Masalah anggaran ini tentu sangat sangat mengganggu (kerja PPKD). Ini kan bukan pekerjaan gampang," kata Bambang, saat ditemui, Sealasa (12/12).

Mengenai persoalan itu, pihak panitia sudah meminta solusi kepada sekretaris desa (Sekdes), BPD dan camat (Badan Pengawas Desa). Namun juga tak ada solusi yang diberikan. 

"Sehingga kami mengajukan sumbangan ke para calon untuk menutupi kekurangan," katanya. 

Namun terlepas dari persoalan tersebut, pelaksanaan Pilkades Parit Baru harus terus berjalan sesuai ketentuan. Karena bagaimana pun itu adalah tanggung jawab PPKD selaku penyelenggara Pilkades.

"Tahapan-tahapan sudah kita laksanakan," tegasnya. 

Pilkades Parit Baru yang akan digelar pada tanggal 16 Desember ini akan di ikuti oleh lima calon Kades. Sementara untuk jumlah daftar pemilih tetap (DPT) tercatat sebanyak 26.551. Dan akan disiapkan sebanyak 35 TPS.

Dia pun berharap, pesta demokrasi di tingkat desa ini tak menimbulkan perpecahan antar masyarakat. "Saya berharap para pendukung calon jangan terkotak-kotak hanya gara-gara beda pilihan. Kita di Desa Parit Baru ini adalah saudara semua dan harus selalu kompak," imbaunya. 

Untuk persoalan anggaran, hal itu juga harus menjadi catatan agar ke depan tak terjadi lagi hal yang serupa. "Ke depan kita berharap pembiayaan Pilkades agar dianggarkan satu pintu saja. Kalau bisa Pemda saja lah yang mebiayai," tutupnya. 

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa Kubu Raya, Nursyam Ibrahim mengatakan, pada tanggal 16 Desember nanti sedikitnya terdapat 19 desa yang akan menggelar Pilkades secara serentak.  

Menurutnya,  sejauh ini persiapan pelaksanaan Pikades berlangsung relatif lancar.  "Sampai saat ini, tidak ada laporan dari lapangan terkait kendala," katanya kepada Suara Pemred.

Meski demikian, Nursyam mengatakan, pihaknya tetap melakukan pengawasan dan pemantauan terhadap pelaksanaak Pilkades di 19 desa. 

"Kita sudah bentuk tim dari kabupaten untuk turun ke lapangan. Jadi nanti setiap lokasi sekurang-kuranya satu atau dua orang dari kita akan turun langsung ke desa yang melaksanakan Pilkades tersebut. Jadwal piket petugas dari sudah ada," jelasnya.  

Dia pun berharap, Pilkades serentak ini dapat berjalan lancar. Dan desa yang menggelar Pilkades tersebut tetap harmonis dan kondusif. 

"Kita minta tidak ada pihak-pihak yang mencederai proses demokrasi tingkat desa ini," imbuhnya.

Soal masalah anggaran yang dikeluhkan oleh PPKD Desa Parit baru, Nursyam pun meminta agar persoalan itu secepatnya dikordinasikan ke pihaknya. "Coba koorsinasikan ke Bidang Pemdes," pintanya.  

Dia pun memastikan pihaknya akan segera menyelesaikan berbagai persoalan yang terjadi dalam proses pelaksanaan Pikades serentak ini. Termasuk soal keluhan anggaran yang dialami oleh PPKD Parit Baru. 

"Silakan dikomunikasikan. Yang jelas pembiayaan sudah siap. Cuma mungkin agak berbeda tahun ini.  Salah satu ketentuan dari Kementerian Keuangan maka anggaran akan ditransfer ke rekening.  Yang menjadi hak akan segera diberikan," pungkasnya.

Camat Diminta Berperan Aktif


Ketua Komisi III DPRD Kubu Raya, Suharso meminta para Camat yang wilayahnya menggelar Pilkades serentak ikut berperan aktif dalam mensosialisaskan kegiatan tersebut kepada masyarakat. 

"Camat sebagai aparatur negara punya peran untuk mensosialisasikan kegiatan Pilkades itu," katanya kemarin.

Suharso pun mengatakan, sosialisasi tersebut sangat penting untuk meningkatkan persentase partisipasi masyarakat dalam memilih kepala desa di masing-masing wilayah.

Selain itu, dia juga berharap pesta demokrasi di tingkat desa pada 16 Desember nanti berjalan sportif, aman dan kondusif. Masyarakat pun diimbau agar memilih kepala desa yang berkualitas dan berintegritas. (abd/ang)