Warga Diminta Aktif saat Verifikasi Faktual Paslon Perseorangan

Kubu Raya

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 328

Warga Diminta Aktif saat Verifikasi Faktual Paslon Perseorangan
Ilustrasi. Net
KUBU RAYA, SP - Ketua KPU Kubu Raya Gustiar mengatakan, saat ini proses verifikasi faktual terhadap data dukungan minimal dari bakal calon jalur perseorangan tengah berproses.

"Jadi untuk saat ini, kawan-kawan di tingkat PPS tengah proses melakukan verifikasi faktual di tingkat bawah,” kata Gustiar, Rabu (13/12).

Proses verifikasi faktual itu ialah dilakukan oleh tim yakni mencocokan data dukungan yang telah diserahkan bakal pasangan calon ke KPU. 

“Jadi PPS mendatangi masyarakat sesuai data yang telah diserahkan bakal pasangan calon jalur perseorangan tersebut," jelas dia.

Hasil verifikasi faktual itulah nanti yang akan membuktikan apakah data syarat dukungan minimal yang dimiliki pasangan bakal calon tersebut rill atau tidak.

Seketika masyarakat yang didatangi oleh tugas dan ditanya misalnya betul dia mendukung, kalau memang masyarakat tersebut mengaku betul maka MS kan (Memenuhi Syarat). Sebaliknya, jika misal masyarakat yang didatangi itu merasa tidak pernah memberikan dukungannya, maka tim PPS akan memberikan lembar pernyataan lampiran Berita Acara model 5 KWK yang berisi bahwa yang bersangkutan tidak mendukungannya.

Oleh aebab itu, Gustiar meminta kepada masyarakat agar memberikan kesempatan kepada PPS dulu untuk melakukan proses verifikasi faktual tersebut.

"Ketika masyarakat ada yang komplain datanya ternyata pada saat verifikasi faktual memang menyatakan tidak mendukung maka ada mekanisme pernyataan yang mesti diisi oleh masyarakat yang berasangkutan," katanya.

Dia menjelaskan, poses verifikasi faktual tersebut telah dimulai dari tanggal 12 Desember dan akan berakhir pada 25 Desember nanti.  

"Saat proses verifikasi faktual ini berlangsung, jangan sampai masyarakat tidak aktif menerima petugas kami untuk melakukan verifikasi faktual tersebut," pintanya. (abd/ang)