Selasa, 17 September 2019


Peringatan Hari Infanteri, Pelihara Semangat Tempur

Editor:

K Balasa

    |     Pembaca: 450
Peringatan Hari Infanteri, Pelihara Semangat Tempur

Peringatan ke-69 Hari Infanteri di Makodam XII Tanjungpura, Selasa (19/12). (SP/Anugrah)

KUBU RAYA, SP - Kodam XII Tanjungpura, menggelar upacara peringatan ke-69 Hari Infanteri tahun 2017, serta penyerahan simbol pleton ranting Yudha Wastu Pramuka Jaya di Makodam XII TPR, Selasa (19/12).

Inspektur upacara dipimpin oleh Kasdam XII/TPR, Brigjend TNI Sulaiman Agusto. Sementara yang menjadi Komandan upacara yaitu, Danyonif 631/Antang Letkol inf Roni Sulaiman.

“Semangat tempurnya harus tetap terpelihara, satuan infanteri itu kalau dalam pertempuran itu satuan yang maju ke depan untuk merebut sasaran. Jadi mereka harus tetap memelihara kemampuan tempurnya, sehingga betul-betul bila negara memanggil dia siap dtugaskan dimana saja dan kapanpun,” ujar Kasdam XII/TPR Brigjend TNI Sulaiman Agusto.

Sulaiman mengatakan, tujuan dilaksanakannya Pleton Beranting (Tonting) yaitu untuk tetap memelihara kemampuan dasar prajurit infanteri, menjaga soliditas, semangat dan jiwa pantang menyerah yang digambarkan dalam amanat Jenderal Sudirman saat menghadapi agresi Belanda yang kedua.

Sulaiman menuturkan, lomba dilaksanakan setiap tahun dalam rangka memperingati hari infanteri. Terdiri dari pleton inti dari satuan-satuan infanteri dan pleton pengantar yang terdiri dari satuan-satuan bantuan non TNI.

“Tadi kalian bisa lihat, Brimob, Marinir, itu mendapat juara, kemudian FKPPI, anak SMA tadi mendapat juara. Mereka yang mengiringi selama melaksanakan pleton beranting Yudha Wastu Pramuka,” imbuhnya. (rah)